Kecanduan Selfie Pakai Filter Instagram? Hati-hati Efek Buruk Bagi Kesehatan Mental

instagram-press.com

Handphone atau gawai saat ini menjadi sebuah alat yang sudah banyak dimiliki berbagai lapisan masyarakat, apalagi di masa pandemi sekarang ini gawai menjadi alat yang sangat diperlukan untuk mempermudah melakukan kegiatan sehari- hari seperti berkomuniksi, bekerja, sekolah daring. Ada juga yang mempergunakan gawai hanya sekedar untuk menghilangkan rasa jenuh dengan memainkan berbagai aplikasi yang tersedia.

Banyak sekali aplikasi yang tersedia dalam gawai seperti TikTok, Instagram dan lain sebagainya. Di beberapa kalangan tentunya gawai menjadi gaya hidup dan beberapa dari mereka yang mengunggah fotonya di media sosial ingin terlihat sempurna. Salah satu cara agar foto mereka bisa sesuai dengan yang mereka inginkan adalah memakai berbagai selfie filter.

Tapi apakah kamu tahu sisi positif dan negatif menggunakan selfie filter?

Sisi positif dan negatif penggunaan selfie filter

Filter telah menjadi cara yang populer untuk mengubah foto, terutama bagi mereka yang ingin mengikuti standar kecantikan yang semakin tinggi di dunia media sosial. Sebuah survei yang dilakukan Girlguiding, menemukan bahwa sepertiga perempuan muda tidak akan mengunggah selfie mereka tanpa menggunakan filter untuk mengubah penampilan. Sebanyak 39% dari 1.473 responden, berusia 11-21 tahun, mengatakan bahwa mereka merasa kesal karena tidak memiliki penampilan seperti di media sosial di kehidupan nyata.

Penggunaan selfie filter dari segi psikologis

Mengunggah foto selfie di media sosial tentu tidak mengapa. Apalagi dengan fitur selfie filter yang kini sedang digemari. Bahkan bagi beberapa orang, menggunakan fitur ini adalah hal wajib.

Namun, tahukah Anda, dengan selfie filter bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental?

Ikhsan Bella Persada, M.Psi., psikolog dari KlikDokter menjelaskan bahwa filter-filter yang ada di media sosial memang hampir semuanya bertujuan untuk membuat seseorang menjadi tampak lebih menarik dari biasanya, kebiasaan menggunakan selfie filter bisa di katakan buruk apabila Anda sudah mulai kecanduan dan merasa insecure atau rasa tidak aman pada dirinya sendiri tidak percaya diri dengan tampilan alaminya.

Jika hal ini terus dibiarkan, tutur Ikhsan, gangguan cemas dan depresi juga kemungkinan besar bisa terjadi.

Cara menghindari kecanduan memakai selfie filter

Jika kamu sudah merasa sudah mulai kecanduan memakai selfie filter dan merasakan insecure, cobalah memperbanyak sosial dengan teman dan orang terdekat kamu hapuslah aplikasi yang membuat kamu candu meskipun butuh beberapa saat untuk keluar dari situasi ini kamu akan lega setelah menghapusnya.


Penulis : Netta

Editor : Yusham

1 reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.