Selamat Hari Pohon Sedunia, Yuk! Ketahui Sejarahnya Di Sini

Foto: Luis del Río/Pexels

Sobat Glamours tau gak sih, kalo hari ini, tepatnya Sabtu, 21 November 2020 diperingati sebagai Hari Pohon Sedunia.

Hari Pohon Sedunia diperingati untuk menghormati jasa-jasa J.Sterling Morton, pecinta alam asal Amerika yang giat mengampanyekan gerakan menanam pohon.

Selain itu, hari ini juga diperingati untuk mengingatkan manusia akan pentingnya pohon bagi kehidupan, memerangi pemanasan global, mencegah bencana alam, dan melindungi tempat hidup makhluk hidup di dunia.

Pokok dasar pohon adalah menjadi sumber kehidupan bagi manusia dan sangat berperan penting kelangsungan alam. Sehingga tugas kita yang utama adalah menjaga dan merawat pohon dari penebangan liar.

Pohon memberikan banyak manfaat bagi manusia yang paling penting selalu menyediakan oksigen. Karena pohonlah, manusia tidak pernah kekurangan oksigen.

Sejarah singkat Hari Pohon Sedunia

Foto: Johannes Plenio/Pexels

Julius Sterling Morton adalah aktivitis lingkungan. Ia lahir 22 April 1832. Dulunya, ia adalah editor koran kemudian menjadi sekretaris agrikultur di masa Presiden Grover Cleveland. Sempat juga menjadi Gubernur Nebraska selama beberapa saat.

Dia menanam berbagai macam pohon apel yang langka. Juga berjasa memberikan pelayanan yang terkoordinasi kepada para petani dan mendukung reservasi hutan.

Pencapaian terbesarnya adalah usulnya untuk memperingati hari pohon pada tahun 1872. Hari pohon sedunia dikenal juga Arbor Day. Nah, kata arbor diambil dari bahasa latin yang berarti pohon.

Biasanya peringatan hari pohon di hari-hari musim semi dan tiap negara tanggalnya bervariasi tergantung iklim dan musim tanam di tiap negara.

Hari Pohon Sedunia Pertama di Dunia

Foto: Spencer Davis/Pexels

Perayaan hari pohon pertama tercatat di sebuah desa di Spanyol bernama Mondonedo. Sekarang bernama Alameda de los Remedios hingga sekarang masih ditanami lemon dan pohon chestnut kuda.

Ada lagi desa di Spanyol bernama Villanueva de la Sierra yang mengadakan hari pohon modern, tahun 1805. Penemu hari pohon adalah Julius Sterling Morton.***


Dilansir dari berbagai sumber

Editor: Yusham

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.