Mengenang Tino Sidin, Seniman Indonesia yang Jadi Ikon Google Doole di Hari Guru Nasional

Foto: tamantinosidin

Hari ini, Rabu (25/11/2020), sosok yang dikenal sebagai guru gambar di TVRI medio 1980-an, Tino Sidin, kembali hadir dalam bentuk kartun di Google Doodle.

Tampilan doodle hari ini dalam adalah rangka merayakan ulang tahun ke-95. Dengan topi khasnya, kartun Tino terlihat muncul dari dalam televisi sembari menyodorkan pensil ke arah anak-anak yang menonton dan berkata, “Bagus!”

Raksasa mesin pencari tersebut menggambarkan pria yang akrab disapa “Pak Tino” itu sosok yang penuh kasih. Nama Tino Sidin menjadi terkenal lewat acara televisi “Gemar Menggambar”. Ia mengajari anak-anak menggambar sekaligus mengasah kreativitas mereka.   

Sebagaimana dirangkum stargalammagz.com dari berbagai sumber, Pak Tino lahir 25 Desember 1925 di Tebing Tinggi, Sumatra Utara. Beliau dikenal dengan sosok sederhana, kacamata dan topi baret menjadi ikon bagi anak-anak yang SD-nya sebelum 90-an.

Tino Sidin Meninggal tahun 1995, kemudian dimakamkan di makam Kwaron, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul.

Kehadiran Pak Tino sebagai pelukis tahun 1925-1995 selalu ditunggu-tunggu kala itu, melalui tayangan “Gemar Menggambar” yang ditayangkan stasiun TVRI.

Semasa hidupnya ia dikenal sebagai penulis buku-buku menggambar dan buku cerita menggambar seperti Bawang Merah Bawah Putih dan Ibu Pertiwi terbitan Balai Pustaka. Tak hanya itu ia juga dikenal sebagai pelukis beraliran naturalis.

Tino Sidin mengasuh “Gemar Menggambar” di TVRI pada zaman orde baru dan dikenal dengan motivasinya, “bagus… bagus… bagus…” atau “Ya, bagus, teruskan….” Metodenya yang sederhana ternyata menjadi virus positif di kalangan anak-anak.

Kehadiran Museum Taman Tino Sidin yang diresmikan pada 4 Oktober 2014 oleh Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI Prof.Mohammad, yang berlokasi di Jl. Tino Sidin 297 Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, bisa mengobati kerinduan kepada sosok beliau sekaligus berwisata edukasi.

“Pantas pula, tanggal 25 November juga di akui di Indonesia sebagai Hari Guru Nasional dalam rangka memperingati berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia pada tanggal tersebut pada tahun 1945,” tulis Google.   

Google Doodle hari ini diilustrasikan oleh seniman berdarah campuran Indonesia-Amerika Shanti Rittgers.


Editor: Yusham

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.