Tips Menjadi Remaja yang Positif dan Percaya Diri

Foto: Fox/Pexels

Masa remaja merupakan masa penuh warna karena sudah mulai beranjak dari fase anak menuju dewasa. Tentu semua ingin menjadi remaja yang keren dan berprestrasi kan? Selain dapat membanggakan orang tua, juga semakin percaya diri jika berprestasi.

Remaja yang sehat secara fisik, mental, emosinal dan spiritual menjadi dambaan para orang tua karena dengan kondisi yang demikian itu, para remaja dapat diharapkan mampu mengisi masa remajanya dengan kegiatan yang positif bagi perkembangan kehidupan di masa dewasanya nanti tanpa banyak terganggu oleh situasi pribadi yang tidak kondusif.

Persoalannya, untuk mencapai remaja dengan kondisi sehat secara mental bukanlah sesuatu yang mudah karena besarnya pengaruh faktor lingkungan, teman sebaya dan teknologi informasi termasuk internet yang secara langsung maupun tidak langsung.

Remaja adalah istilah bagi seseorang yang menginjak usia 12-21 tahun. Dalam rentang usia ini, seorang remaja tengah mengalami perkembangan fisik, psikologis, kognitif, dan sosio-emosi yang sangat pesat.

Perkembangan kognitif remaja ditandai dengan munculnya kemampuan berpikir logis dan abstrak. Serta perkembangan sosio-emosi remaja yang cenderung reaktif, sensitif, dan optimistik.

Bagaimana tips menjadi remaja yang positif?

  • Mengenal diri sendiri

Orang yang paling tahu tentang diri kita adalah diri sendiri. Mengenal diri sendiri adalah penting, sebelum mengenal orang lain. Kenali apa kelebihan pada diri kita yang bisa kita kembangkan, dan apa kekurangannya agar kita tahu solusi terbaik untuk meminimalisir hal itu.

  • Berpikir positif

Dari pikiran yang positif akan menghasilkan perasaan dan perilaku yang positif juga. Tetapi berpikir positif bahwa setiap tantangan di depan kita adalah jembatan bagi kita untuk menjadi pribadi yang hebat.

  • Percaya diri

Percaya dengan kemampuan dirimu akan membuat kamu menjadi pribadi yang berani bereksplorasi untuk menjadi seseorang yang kreatif dan inovatif.


Sumber: Love Yourself Indonesia

Editor: Yusham

Categories: Love Life

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.