Menjaga Kesehatan Mental bersama Love Yourself Indonesia

Dok. Love Yourself Indonesia

Mencintai diri sendiri bukan berarti egois, tapi lebih kepada memberikan perhatian lebih pada diri dan tubuh kita agar bisa melakukan aktivitas dengan lebih produktif dan optimal setiap harinya.

Di era digitalisasi saat ini, seseorang rentan mengalami kelelahan fisik maupun mental. Dengan mencintai diri sendiri bisa membantu menjaga kesehatan mental seseorang.

Maka dari itu, di edisi bulan ini kami berkesempatan berbincang dengan Love Yourself Indonesia, salah satu komunitas yang bergerak dan peduli akan kesehatan mental.

Seperti apa obrolannya? Yuk, simak petikan wawancara kami bersama Siti Fatimah selaku founder Love Yourself Indonesia.

Bisa diceritakan awal mula terbentuknya Love Yourself Indonesia?

Love Yourself Indonesia berdiri pada 28 November 2018 di Kota Bandung. Komunitas ini hadir sebagai wadah bagi orang-orang yang mulai kehilangan jati diri. Love Yourself Indonesia berasal dari berbagai aktivitas, universitas maupun lembaga kepemudaan dengan cita-cita bersama untuk membangun mental diri dengan semangat kontribusi bersama. Komunitas ini dibuat sebagai sarana peningkatan kompetensi diri dan dalam rangka menyiapkan pribadi yang lebih baik di masa depan serta menjadi wadah silaturahmi dari berbagai kalangan yang memiliki kegelisahan yang sama terkait kesehatan mental karena kami sadar bahwa kita tidak bisa mencintai orang lain jika kita tidak bisa cinta dengan diri sendiri.

Tujuan atau visi misinya?

Mengedukasi orang-orang untuk memiliki kesadaran mengenai pentingnya kesehatan mental dengan adanya pengetahuan, maka orang akan dengan mudah menyadari. Dengan timbulnya kesadaran, maka stigma negatif mengenai permasalahan psikologis dapat dikurangi. Visi: mewujudkan generasi muda Indonesia yang memiliki kualitas hidup dan kesehatan mental yang baik. Misi: satu, mengadakan kegiatan-kegiatan terkait dunia komunikasi psikologi di masyarakat. Kedua, mengadakan support group dan konseling gratis sebagai sarana bagi masyarakat yang memiliki masalah kesehatan mental. Ketiga, menjadi jembatan bagi masyarakat yang peduli terkait kesehatan mental dan penderita gangguan kesehatan mental.

 Apa saja program kerja atau kegiatannya?

  • SHABAR (Sharing Bareng)

Merupakan kegiatan offline yang dilakukan setiap satu bulan sekali oleh tim dengan memilih satu kota yang memiliki peminat paling banyak. Sharing bareng menjadi wadah untuk bertemu secara langsung antara peserta di LYS Indonesia.

  • SHARSE (Sharing Session)

Merupakan kegiatan diskusi yang dilakukan melalui WhatsApp grup dengan tema yang berhubungan dengan kesehatan mental. Diskusi online ini dilakukan setiap 1 bulan sekali dan diisi oleh narasumber yang ahli dan memiiliki latar belakang pendidikan dan keilmuan yang sesuai dengan tema kesehatan mental.

  • CIKA (Cerita Kita)

Merupakan diskusi internal grup whatsapp Love Yourself Indonesia dimana tiap anggota akan berbagi kisah tentang kesehatan mental yang dialaminya dan peserta lain mencoba untuk memberikan feedback positif dan mendapatkan insight dari cerita tersebut.

  • KENCUR (Keluhan & Curhatan)

Merupakan program Love Yourself Indonesia dalam bentuk siniar berisi cerita dan keluhan yang biasa dialami oleh orang-orang dengan konsep bercerita dan dalam siniar ini juga terdapat tips dalam menghadapi masalahnya.

Seberapa pentingnya sih mencintai diri sendiri itu?

Jika kita mencintai diri sendiri, akan menghasilkan manfaat bagi diri sendiri juga orang sekitar. Selain itu akan mengajarkan kebajikan yang akan mengarahkan kepada kebahagiaan. Juga mengarahkan diri ke arah kebaikan. Kurang mencintai diri sendiri bisa saja menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti melukai diri sendiri hingga berusaha untuk mengakhiri hidup. Bahwa mencintai diri sendiri adalah syarat untuk mencintai orang lain. Dengan mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain, kita akan menjalin hubungan yang sehat. Entah itu dengan kekasih, keluarga atau sahabat.

Di situasi pandemi seperti sekarang ini, bagaimana sih cara sederhana atau tips mencintai diri sendiri yang sehat itu?

Pada saat pandemi seperti ini buatlah rutinitas sendiri selain bekerja misalnya mencoba hobi baru atau melakukan hal-hal yang belum sempat kita lakukan selama sibuk bekerja di luar rumah sebelumnya misalnya memasak, membaca buku, atau menonton film. Selain meningkatkan produktivitas, kegiatan tersebut juga dapat menghilangkan rasa jenuh dan juga sebagai self reward sama diri kita sendiri. Selain itu lebih bijak memilah informasi batasi waktu kamu untuk menonton, membaca, atau mendengar berita mengenai pandemi, baik dari televisi, media cetak, maupun media sosial untuk mengurangi rasa cemas. Pilah informasi yang kamu terima secara kritis dan bijak. Dapatkan informasi mengenai pandemi Virus Corona hanya dari sumber yang terpercaya. Dan yang ketiga menjaga komunikasi dengan keluarga dan sahabat, selalu luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, teman, dan rekan kerja kamu, baik melalui pesan singkat, telepon, atau video call. Kamu bisa menceritakan kekhawatiran dan kecemasan yang dirasakan. Dengan cara ini, tekanan yang kamu rasakan dapat berkurang sehingga kamu bisa lebih tenang. Rasa takut dan cemas memang normal dirasakan selama masa pandemi seperti ini. Namun, cobalah untuk selalu berpikir positif dan bersyukur. Jika stres dan ketakutan yang kamu alami terasa sangat berat, jangan ragu berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater karena itu merupakan cara bahwa kita sayang dan mencintai diri kita.

Saat ini udah ada berapa anggota? Dan apa saja profesinya?

Saat ini Love Yourself Indonesia tersebar di 5 wilayah yang ada di Indonesia (Jabar, Jateng, Jatim, Jabodetabek dan wilayah lainnya) total keseluruhan anggota komunitas kami berjumal 428 orang diseluruh Indonesia dengan berbagai profesi mulai dari pelajar SMA hinggu ibu rumah tangga, selain itu juga anggota yang terdapat pada komunitas kami terdiri dari berbagai macam suku, agama, dan juga latar belakang kesehatan mental yang beragam.

Jika ingin masuk komunitas ini bagaimana caranya?

Jika ingin terhubung dan menjadi anggota dari komunitas kami cukup hanya dengan mengisi form pendaftaran yang di mana terdapat beberapa poin pertanyaan seputar kesehatan mental. Form pendaftaran dapat diperoleh melalui tautan yang terdapat pada halaman Instagram kami. Setiap orang yang bergabung dalam komunitas kami tidak dipungut biaya apapun dan setiap orang yang akan masuk komunitas kami akan dimasukkan ke dalam grup wilayahnya masing-masing.

Apa nih harapan dari komunitas Love Yourself Indonesia?

Kami berharap Love Yourself Indonesia bisa menjadi rumah bagi semua orang yang mau bertumbuh bersama menciptakan mental yang lebih baik karena kita tidak bisa mencintai orang lain secara utuh jika kita belum bisa mencintai diri kita dengan baik dan sesuai dengan tujuan kami diawal adalah mengedukasi orang-orang untuk memiliki kesadaran mengenai pentingnya kesehatan mental dengan adanya pengetahuan, maka orang akan dengan mudah menyadari. Dengan timbulnya kesadaran, maka stigma negatif mengenai permasalahan psikologis dapat dikurangi.


Editor: Yusham

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.