WhatsApp Sudah Tidak Aman dan Ditinggalkan?

ilustrasi WhatsApp (mashable.com)

Aplikasi bertukar pesan yang sudah berdiri sejak 2009 lalu ini sedang gempar diperbincangkan karena membuat pernyataan yang mana semua penggunanya harus menyetujui bahwa data-data privasi dan keamanan yang berhubungan dengan Whatsapp akan disimpan oleh perusahaan tersebut. Akankah terjadi hal yang tidak diinginkan seperti yang terjadi pada perusahaan Facebook, Inc.?

Berikut tertulis alasan banyak orang meninggalkan WhatsApp:

  1. Tidak ada privasi

Dengan disimpannya data privasi percakapan oleh perusahaan Whatsapp, ada kemungkinan untuk oknum jahat dapat membuka chat anda melalui data backup Google Drive.

  1. Takut kebocoran data

Mengingat Whatsapp merupakan anak perusahaan dari Facebook, Inc. yang notabene pernah terjadi kebocoran data 2 tahun silam, kemungkinan untuk kebocoran data karena kepenuhan sangat besar. Apalagi jika perusahaan yang sama pernah terbobol datanya.

  1. Sudah menemukan aplikasi alternatif lain

Dengan munculnya desas-desus kebocoran data, banyak orang sudah mencari alternatif lain untuk melakukan percakapan melalui internet seperti Telegram dan Signal.

Telegram sendiri dinilai lebih aman karena dilengkapi dengan fitur keamanan seperti password, pesan yang bisa hilang otomatis tergantung jangka waktu tertentu, dan perlu digaris bawahi bahwa Telegram tidak menyimpan percakapan yang merupakan secret chat.

Ada juga aplikasi Signal yang dinilai jauh lebih aman karena algoritma enkripsi dapat dilihat publik dan tidak ada rahasia tersembunyi.


Sumber: Grid.id

Penulis: Reyhan Gyanie

Kategori:Gadget, News

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.