Jangan Ngaku Anak Band Kalo Kamu Belum Tau 7 Venue Musik Legendaris Ini!

Bagi sebuah band, awal merintis karier adalah satu hal yang paling tidak dapat dilupakan. Salah satunya ketika mereka masih bermain di bar-bar kecil yang tidak berbayar hingga akhirnya mereka dikenal di seluruh dunia dengan karya-karyanya. Nah, apakah kamu tau 7 venue musik legendaris yang sempat disambangi band-band besar internasional maupun lokal?

  • CBGB
Foto: Pinterest

Sebuah Klub musik yang dibangun pada 1973 di New York City. Klub yang awalnya digunakan untuk musik Country, Bluegrass, dan Blues, malah menjadi tempat lahir skena musik Punk pada saat itu. Banyak band punk dari berbagai kalangan berdatangan untuk bermain. Termasuk Ramones, Television, Talking Heads, The Jam. Klub ini sudah ditutup pada 2006.

  • Cavern Club
Foto: YouTube (Nick Fletcher)

Klub yang dibangun pada 1957 di Liverpool ini menjadi saksi bisu awal mula karir dari banyak band Inggris seperti The Beatles dan The Rolling Stones. Sekarang klub ini masih digunakan untuk pertunjukkan musik sekaligus sebagai tujuan destinasi para penggemar The Beatles

  • Poster Cafe
simakterus.com

Kafe yang pemiliknya adalah seorang rocker legendaris, Ahmad Albar ini, merupakan tempat lahirnya banyak band indie yang sekarang sudah banyak yang melalang buana. Sebut saja Club Eighties,  Rumahsakit, Naif, dan masih banyak lagi. Sayang sekali Kafe ini harus tutup pada akhir 90an.

  • GOR Saparua
Foto: Wienna Windari/Instagram

Gelanggang Olahraga ini merupakan saksi bisu dari kehidupan skena musik di Kota Bandung. Band seperti Koil, PAS Band, Burgerkill, dan Pure Saturday merupakan salah satu dari banyak yang ikut meramaikan era underground 1990-an di Bandung.

  • Nippon Budokan
POPJNEO

Awalnya tempat ini dibuka untuk pertunjukkan tradisional seperti Judo dan Karate pada 1964. Tempat ini sering menjadi destinasi tur para artis besar ketika melakukan tur ke Jepang setelah The Beatles yang mendapat kecaman saat menjadi musisi pertama yang membuat pertunjukkan musik di sini pada 1966.

  • Amphitheatre Pompeii
trafalgar-releasing.com

Tempat ini berdiri dari 70 tahun sebelum masehi. Pada tahun 1971, band rock asal Inggris, Pink Floyd melakukan konser yang difilmkan tanpa penonton di amphitheatre ini. Lalu pada tahun 2006, David Gilmour (gitaris Pink Floyd) melakukan konser di amphitheatre ini dengan mengundang banyak penonton dan merupakan pertunjukkan pertama dengan penonton di sini sejak 79 tahun sebelum masehi.

  • Jaya Pub
Foto: Hasief Ardiasyah/YouTube

Pub yang berdiri di Jakarta ini selalu beriringan dengan pertumbuhan skena musik dari awal mula dibentuk pada era 1970-an hingga masa kini


Penulis : Reyhan Gyanie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.