7 Lagu Rock ini Masih Penuh Misteri!

Source Google

Musisi rock memang selalu terkesan nyentrik dengan gaya dan musik yang mereka suguhkan. Banyak penggemar yang menikmati lagunya dengan bermacam cara berekspresi. Dari mulai mengoleksi rilisan fisiknya bahkan hingga mengulik arti dari sebuah lagu tersebut dari pandangan mereka sendiri.

  1. Stairway to heaven

Lagu fenomenal dari band rock asal Inggris, Led Zeppelin, diduga mempunyai pesan tersembunyi jika diputar terbalik. Saat bagian “If there’s a bustle in your hedgerow…” diputar secara terbalik akan terdengar seperti pemujaan kepada setan “Oh here’s to my sweet Satan. The one whose little path would make me sad, whose power is Satan.”

  1. Revolution 9

Karya eksperimental yang diciptakan oleh The Beatles ini mengundang banyak kontroversi. Mereka menggabungkan banyak loop dari berbagai artis seperti Beethoven dan Schumann. Di awal lagu terdengar seperti seseorang berbicara “Number nine, Number nine…” yang dipercaya jika diputar secara terbalik akan berarti “Turn Me on, Dead Man” yang dihubungkan dengan berita hoaks tentang meninggalnya Paul McCartney (basis The Beatles).

  1. Bohemian Rhapsody

Salah satu lagu rock paling populer di dunia dari Queen ini memang mengundang banyak kontroversi, mengingat jika kita membaca lirik awalnya tentang seseorang yang membunuh orang lain dengan senjata api. Pada lagu ini juga terdapat beberapa istilah dan nama seperti Scaramouch, Fandango, Galileo, Figaro, dan Bismillah yang dinyanyikan seperti sebuah mantra.

  1. In Bloom, Smells Like Teen Spirit, & Come As You Are

Tiga lagu yang rilis pada 1991 pada album hit Nirvana yang berjudul Nevermind ini menunjukkan obsesi Kurt Cobain pada senjata api yang lalu dihubungkan dengan kematiannya, di mana ia menembakkan dirinya sendiri dengan senjata api. Pada bagian reff lagu “In Bloom” terdapat lirik “He’s the one who likes all our pretty songs and he likes to sing along and he likes to shoot his gun…”. Pada verse awal lagu “Smells Like Teen Spirit” terdengar “Load up on guns”, dan pada “Come As You Are”, “and I swear that I don’t have a gun”.

  1. Eldorado

Single yang dirilis oleh Electric Light Orchestra dari album dengan judul sama yang rilis pada tahun 1974 ini sempat mendapat kecaman dari pemuka agama Kristen dengan dugaan lagu tentang setan. Pada lagunya terdapat lirik “Here it comes, another lonely day; Playing the game. I’ll sail away; On a voyage of no return to see,” yang jika diputar terbalik akan berbunyi seperti “He is the nasty one – Christ you’re infernal – It is said we’re dead men – Everyone who has the mark will live”.

  1. Empty Spaces

Lagu instrumental dari band asal Inggris, Pink Floyd ini mengandung sebuah pesan yang disampaikan secara terbalik. Jika diputar secara terbalik akan terdengar seperti “Congratulations. You have just discovered the secret message. Please send your answer to Old Pink, care of the Funny Farm, Chalfont,” lirik tersebut dapat diartikan sebagai sebuah pesan untuk karakter yang terdapat pada album tersebut atau sebagai pesan untuk Syd Barrett yang mengalami mental breakdown sebelum album tersebut rilis.

  1. Walking with the Ghost

Lagu dari Tegan & Sara yang dinyanyikan ulang oleh duo The White Stripes ini mengandung sebuah pesan terbalik yang dinyanyikan saat solo gitar yang berbunyi “Get out of my mind!” jika didengar secara seksama.


Penulis: Reyhan Gyanie

Editor: Yusham

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.