Percintaan Kamu Selalu Kandas? Coba 5 Bahasa Cinta Berikut ini!

Foto: Anete Lusina/Pexels

Love languages atau bahasa cinta dapat diartikan sebagai cara-cara yang digunakan dalam mengepresikan rasa cinta. Istilah ini pertama kali digunakan Dr. Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul Five Love Languages: How To Express Heartfelt Commitment to Your Mate.

Menurut Chapman, terdapat lima bahas cinta, yaitu:

Physical Touch (Sentuhan Fisik)

Siapa yang senang banget kalau  lagi dipeluk, dicium, atau berpegangan tangan dengan orang yang kamu cintai? Mungkin inilah bahasa cintamu, yaitu dengan sentuhan fisik!

Art of Service

“Aku seneng banget, tadi pagi pas aku mau ke kantor, dia datang ke rumah buat nganterin aku!”

Orang dengan bahasa cinta inipaling senang jika ia dibantu atau dilayani. Tak mesti dengan pekerjaan yang sulit, dengan pekerjaan sederhana yang sebenarnya bisa ia lakukan sendiri pun, jika dibantu oleh orang yang ia cintai, maka hal itu akan jadi sangat berkesan baginya.

Words of Affirmation (Kata-kata Penguat)

“Kamu hebat bisa bertahan sampai sejauh ini…”

Banyak yang bilang, kalau cinta tak perlu dilukiskan dengan kata-kata. Tapi bagi sebagian orang, kata-kata merupakan salah satu cara pembuktian cinta, lho! Dengan kata-kata pujian atau apresiasi atas pencapaian yang diraih, akan membuat seseorang merasa sangat bahagia.

Quality Time (Waktu yang Berkualitas)

“Udah… jangan main game terus, kita kan lagi ngobrol…”

Mereka sangat bahagia apabila memiliki kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama dengan orang yang dicintainya, sehingga mereka bisa bicara dari hati ke hati, melakukan kegiatan yang menyenangkan, tanpa gangguan apapun. Pokoknya, hanya kamu dan dia saja!

Receiving Gifts (Menerima Hadiah)

“Wah, makasih ya hadiahnya, aku senang banget!”

Mereka akan senang menerima hadiah atau kejutan-kejutan spesial. Mereka bukan sekadar melihat dari harganya, melainkan juga usaha yang dilakukan untuk dapat memberikan hal tersebut kepadanya. Nah, mulai sekarang coba kamu beri hadiah buat si dia, enggak usah yang mahal-mahal, yang murah tapi dia suka juga sudah cukup, kok. Apakah kalian termasuk tipe ini?

Manfaat Mengenali Bahasa Cinta

Dengan mengenali bahasa cinta dari orang terkasihmu, kamu akan mengetahui hal apa yang paling dapat membuatnya merasa dicintai, dan itu akan membuat hubunganmu semakin erat. Hubungan dalam hal ini tak mesti tentang hubungan romantis, namun juga tentang hubungan dengan keluarga ataupun sahabat.


Sumber: Lingkar Psikologi

Editor: Yusham

Categories: Love Life

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.