FLEUR! Membuka Langkah di Tahun 2021 dengan Melepas Single “Merona”

Foto: Ben Mukti / dok. FLEUR!

Grup musik trio, FLEUR!, kembali merilis single baru berjudul “Merona” pada Jumat, 29 Januari 2021 lalu. Ini menjadi karya pertama FLEUR! di tahun 2021 setelah sebelumnya merilis single “Muka Dua”  dan “Lagu Lama”.

Trio yang dihuni oleh Tanya Ditaputri (vokal dan gitar), Tika Pramesti (vokal dan drum), dan Yuyi Triachma (vokal dan bas) memilih arti mendalam bagi salah satu personil. Single yang diciptakan oleh Tanya, awalnya ingin mengisi liriknya dengan tema cinta. Namun, di tengah proses pembuatan lagu, Tanya dan Yuyi menerima kabar bahwa Tika baru saja kehilangan Ibunya.

“Melihat bagaimana Tika melalui hari-harinya setelah kepergian sang Ibu menginspirasi kita (Tanya, Yuyi,dan Rika – mantan personel Flower Girls) untuk mengubah lirik sebagai penanda kejadian itu di album kita. Dibantu Rika, lirik yang tadinya bertema merona berubah menjadi merana. Tetapi judul itu tetap kita pertahankan untuk memperlihatkan sisi kontrasnya,” jelas sang gitaris Tanya dalam keterangan pers yang diterima starglammagz.com.

Untuk bagian mixing dan mastering lagu “Merona” dikerjakan oleh  Viki Vikranta dari band Kelompok Penerbang Roket). Sementara urusan visual sampul “Merona” dikerjakan oleh fotografer Yogi Kusuma. Bersamaan dengan perilisan lagu ini, FLEUR! juga merilis video musik “Merona” yang disutradarai langsung oleh sang drummer Tika Pramesti. Nama Tika memang sudah tak asing di dunia perfilman dengan berbagai karyanya. Dalam penggarapan video musik ini, FLEUR! juga bekerja sama dengan Kebun Raya Bogor untuk seluruh lokasi syuting.

Nama  band FLEUR! yang diambil dari kata ‘bunga’ dalam bahasa Perancis, semula mempunyai nama Flower Girls yang terdiri dari 4 personil dan menjadi band tribute untuk band legendaris tanah air, Dara Puspita. Berawal pada tahun 2017 saat festival dua tahunan Europalia diselenggarakan di Belgia, meminta kurator musik dari Indonesia untuk membuat grup musik tribute untuk Dara Puspita, yang  memiliki basis penggemar di Eropa. Selepas proyek Europalia, salah satu personil,  Rika memutuskan untuk hengkang dan FLEUR! sehingga akhirnya diputuskan untuk melanjutkan dengan format trio.

Categories: Music, News

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.