Tips Menjaga Performa Kendaraan Saat Musim Hujan

Hal yang harus dipersiapkan ketika musim hujan adalah kesehatan anda, selain kesehatan satu hal yang tak boleh dilupakan yaitu kendaraan anda. Bagi anda para pengendara bermotor perlu memperhatikan beberapa hal yang bisa membuat anda nyaman dan aman berkendara saat musim hujan. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dari kendaraan anda saat menghadapi msuim hujan.

Cek Semua Komponen Kendaraan

Sebelum anda berpergian menggunakan kendaraan, anda perlu mengecek semua komponen kendaraan anda, mulai dari lampu hingga tekanan ban. Periksa juga keadaan mesin kendaraan anda sebelum anda menyalakan mesin kendaraan anda. Lampu perlu diperhatikan karena membantu pengendara lainnya saat berkendara di musim hujan. Kondisi ban juga harus diperhatikan seperti tekanan angin ban harus sesuai dengan standar yang ada, kondisi basah membuat daya cengkram ban menjadi berkurang.

Untuk mobil, karet wiper dan karet pintu mobil. Wiper harus dicek apakah masih bisa dipakai dengan baik atau tidak termasuk cairan wiper itu sendiri. Fungsi pembersihan pada wiper harus digunakan dengan sempurna agar bisa digunakan dengan baik saat musim hujan.  

Kenali Kendaraan Anda

Anda harus mengenali keadaan kendaraan anda dengan baik, anda bisa menghitung sejauh apa keadaan kendaraan anda saat menerjang hujan hingga banjir sekaligus seperti letak-letak mesin dan komponen kendaraan lainnya ada di sebelah mana. Untuk menghadapi banjir, anda perlu tahu setinggi apa kendaraan anda dan bagian kendaraan apa saja yang mungkin terkena banjir hingga bisa merusak kendaraan anda. Untuk motor dan mobil yang tidak terlalu tinggi sebaiknya jangan memaksakan untuk melewati banjir.

Khusus untuk motor, anda perlu memerhatikan jas hujan dan alas kaki yang anda kenakan, hindari penggunaan jas hujan berbentuk ponco. Jas hujan ini bisa mengenai ban motor anda dan bisa mengakibatkan anda jatuh. Gunakan jas hujan yang berbentuk jaket dan celana karena jas hujan ini lebih praktis digunakan dan juga lebih aman.

Tetap Rutin Ke Bengkel

Ada kalanya anda malas sekali service kendaraan anda ke bengkel, namun service rutin itu perlu dilakukan agar mobil anda dlam keadaan yang baik. Saat mobil anda melakukan service rutin atau perawatan berkala, mobil anda akan dicek secara keseluruhan oleh pihak bengkel. Khusus di musim hujan anda tetap harus rajin ke bengkel, di musim hujan tidak ada keharusan menservice lebih sering dibandingkan saat musim kemarau. Gunakan standar yang diberlakukan setiap bengkel untuk service rutin anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.