Tips: Cara Jitu Jago Public Speaking

Cara Jitu Jago Public Speaking

Berbicara di depan umum atau Public Speaking menjadi keterampilan yang penting dalam dunia kerja, termasuk dalam Perkuliahan Public Speaking tentu sangat dibutuhkan. Setidaknya ada 3 alasan kenapa Public Speaking itu Penting. Alasan Pertama, untuk menunjang karir anda, terutama profesi anda pada saat ini, apapun profesinya, karir anda akan meningkat lebih pesat dan pastinya lebih cepat untuk menggapai kesuksesan. Karena Orang yang sukses adalah Seorang Pembicara Yang sukses. Alasan kedua, Memperkuat ide, gagasan dan pastinya kedua hal tersebut harus diimbangi dengan kemampuan Public Speaking yang baik, agar apa yang anda sampaikan bisa lebih terstruktur, dan orang-orang akan lebih paham dengan apa yang anda sampaikan. Dan yang ketiga, bisa menggerakan hati banyak orang dalam hal ini anda bisa membagikan kisah inspirasi, atau memberikan motivasi untuk orang-orang.

Kuasai Materi

Cara Jitu Jago Public Speaking

Kunci Public Speaking terletak dari materi yang akan dibawakan, jadi sangat diharuskan menguasai materi yang Anda miliki, dan salah satu cara untuk dapat menguasai materi adalah dengan mencari tau terlebuh dahulu topik yang akan dibahas. Tentu bisa dalam berbagai sumber yang kemudian Anda bisa padukan dan disesuaikan dengan materi yang akan dibawakan. Selanjutnya, jangan lupa baca terlebih dahulu materi yang anda buat, dan garis bawahi atau tandai poin-poin yang penting untuk dipresentasikan.

Tenang dan Berpikir Positif

Cara Jitu Jago Public Speaking

Sebelum Anda tampil, benahi Mindset Anda terlebih dahulu dengan selalu berpikir hal yang positif, jangan terlalu banyak memikirkan hal yang negatif, termasuk rasa rakut, grogi, dan perasaan negatif lainnya walaupun merupakan hal yang wajar dan pastinya akan dialami oleh setiap orang tetapi jangan sampai rasa takut itu menjadi lebih mendominasi. Jadi selalu alihkan ke hal-hal yang positif, Tentu setiap orang mempunyai cara tersendiri, adapun cara yang paling sederhana adalah dengan mengatur pernafasan, agar rasatakut atau grogi kita dapat dikendalikan.

Gambarkan Situasi

Cara Jitu Jago Public Speaking

Selanjutnya, bayangkan terlebih dahulu seperti apa jalannya Presentasi, termasuk apa yang nanti disampaikan sampai benar-benar yakin. Hal ini tentu akan memberikan gambaran hal apa yang saja yang harus dilakukan atau apa saja yang harus disampaikan. Dan tanamkan dalam diri anda bahwa audiens adalah orang-orang favorit kita. Dengan begitu pastinya akan menjadi energi yang positif untuk anda ketika akan tampil, walaupun audiens mempunyai latar belakang yang berbeda pastinya mereka adalah salah satu pilar yang penting dalam public speaking, dan selebihnya tergantung dari cara pembawaan kita. Intinya tujuannya Public Speaking salah satunya untuk dapat memenuhi kebutuhan audiens berdasarkan materi yang anda sampaikan.

Interaksi Sebelum Eksekusi

Cara Jitu Jago Public Speaking

Ketika Tampil atau Presentasi hal yang pertama anda harus lakukan adalah melakukan interaksi, semakin banyak melakukan interaksi maka audiens akan semakin mengenal Anda, dan secara langsung akan meningkatkan kredibilitas diri Anda.

Be Yourself

Cara Jitu Jago Public Speaking

Terakhir, adalah mengenai pembawaan atau karakter yang Anda tampilkan, alangkah lebih baiknya menjadi diri sendiri, jangan terlalu meniru orang lain karena hal tersebut akan menjadi boomerang untuk diri anda sendiri. Jadi Lebih baik sedikit lebih beda, dibandingkan sedikit lebih baik. Jadi temukan apa yang membedakan diri kamu dengan orang lain, cara apa yang unik dalam diri kita, apa yang menjadi kelebihan kita, dan ubahlah kekurangan yang kita miliki menjadi salah satu sumber kekuatan diri kita. Dengan begitu anda akan lebih mudah dikenal oleh orang lain. Dan pastinya presentasi anda akan menjadi sesuatu hal yang berkesan.

Terus Updgrade diri anda, dan jadilah Versi Terbaik untuk dirimu sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.