Tips Menjadi Seorang Penulis Novel : Bercerita dalam Sebuah Tulisan

Kenapa kita harus menulis ? jawabannya adalah untuk merayakan Kompleksitas, jadi kompleksitas ini adalah bagian dalam kehidupan atau perjalanan kita, terutama berbagai masalah yang kita hadapi, mungkin anda mempunyai kisah inspiratif untuk dibagikan melalui karya tulisan, atau ingin menuliskan berbagai pendapat tentang permasalahan sosial, salah satu cara yang tepat adalah dengan menulisnya. Menjadi seorang penulis pastinya harus mempunyai sebuah ide yang menarik. Adapun Hal yang pertama kali jika anda ingin menjadi seorang menulis adalah Menggali Ide.

Menggali Di Mulai Dari Mencari Keresahan

Tips Menjadi Seorang Penulis Novel

Mencari Keresahan artinya apa yang kurang dari diri anda ? Apa yang anda sesalkan selama ini ? Apa yang harus diperbaiki dalam diri anda ? nantinya akan menjadi bahan dan dikembangkan menjadi sebuah ide. Hal yang bisa anda lakukan adalah dengan berandai-andai carilah terlebih dahulu sesuatu yang dekat dengan kita. Misal bercerita masalah pekerjaan, Perkuliahan, atau anda mengalami patah hati, dan pernah putus cinta. Yang terpenting ide tersebut muncul karena berangat dari sebuah keresahan.

Mengambangkan Ide Dengan Menggunakan What IF

Tips Menjadi Seorang Penulis Novel

Biasanya terdiri dari, Apa Jadinya ? Gimana Kalau ? dan Jika ? artinya menghubungkan antara satu keadaan dengan keadaan lainnya, dan kira-kira akan seperti apa jadinya. Walaupun terkait dengan topik pekerjaan, perkuliahan atau bahkan percintaan sudah sering diceritakan melalui sebuah tulisan, tetapi dalam menceritakan nya diharuskan berbeda, karena pastinya setiap cerita mempunyai keunikan masing-masing.

Menentukan Premis Atau Sudut Pandang

Tips Menjadi Seorang Penulis Novel

Premis terdiri dari Karakter + Tujuan + Halangan, kurang lebih nantinya akan menggambarkan bagaimana tokoh dalam cerita atau tulisan tersebut. idealnya premis ditulis dalam satu kalimat saja.

Misal : Seorang Cowok, Sangat ingin Jadian dengan sahabatnya sendiri tapi dia sudah naksir dengan orang lain, lalu dia minta saran atas gebetannya itu.

Disini karakternya adalah seorang cowok, lalu Tujuannya adalah Ingin Jadian dengan sahabatnya sendiri, dan halangannya dia meminta saran atas gebetannya itu. Dari premis tersebut pastinya akan bisa kita kembangkan dengan segala kemungkinan terjadi, semakin kompleks permasalahannya maka akan menjadi semakin menarik alur ceritanya.

Yang terpenting dalam sebuah tulisan yang menarik harus dapat dipahami oleh pembacanya, dan dikemas dengan semenarik mungkin, kuncinya adalah ada ada sebuah cerita, terutama tujuan dari tokoh dalam cerita harus adanya konfilik dengan halangan tersebut. selebihnya anda lengkapi dengan konflik, bisa berdasarkan apa yang anda alami atau anda buat sendiri dengan cara mengaitkan pada situasi tertentu.

Jadi tertarik menjadi seorang Penulis ? saatnya ambil secarik kertas tuliskan ide anda sebanyak-banyaknya. Atau buka laptop anda dan mulai menulis. Selamat Mencoba !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.