Tips Traveling | Solo Traveling? Siapa Takut!

Solo Traveling? Siapa Takut!

Bepergian ke luar kota bahkan ke luar negeri biasanya dilakukan bersama teman, pasangan atau pun keluarga. Namun bagaimana jika anda sedang membutuhkan me time dan ingin menjelajah tempat baru? Solo Traveling adalah cara untuk merehatkan pikiran anda sejenak dari segala rutinitas yang dilakukan. Namun, ada beberapa hal yang harus tetap diperhatikan saat bepergian sendiri agar tetap aman. Berikut merupakan hal yang harus anda perhatikan jika akan melakukan Solo Traveling!

Pentingnya Budget dan Itinenary

person holding paper near pen and calculator

Setelah menentukan tempat yang akan anda kunjungi untuk melakukan solo traveling, ada baiknya anda langsung bisa menyusun perencanaan biaya dan catatan perjalanan anda. Itinerary di susun harus secara rinci, mulai dari jadwal keberangkatan, tempat mana saja yang akan di kunjungi hingga estimasi waktu dari satu tempat ke tempat lain. Hal ini dilakukan agar perjalanan anda menjadi lebih efektif dan tidak kebingungan saat telah sampai di tempat.

Simple Startpack

camera mounted on tripod on top of luggage bag

Saat bepergian seorang diri, ada baiknya anda tidak terlalu membawa banyak barang. Terlebih jika anda bepergian ke luar daerah atau luar negeri. Anda harus bisa memilah barang apa saja yang urgent untuk dibawa dengan cermat, seperti obat-obatan, baju secukupnya, pengisi daya handphone dan dompet adalah beberapa hal yang harus dibawa. Jika anda bepergian ke luar negeri, anda harus mempersiapkan dokumen jauh hari sebelum anda berangkat guna meminimalisasi adanya barang yang tertinggal.

Harus Selalu Menyimpan Uang Tunai

person getting 1 U.S. dollar banknote in wallet

Bagi anda yang akan solo traveling ke tempat yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya, anda wajib mengantongi uang tunai. Hal tersebut dilakukan agar anda tidak kewalahan saat akan membeli makan atau barang dengan mencari ATM terdekat. Jika anda merupakan orang yang cashless dan menggunakan e-money, uang tunai akan menyelamatkan anda ketika tempat yang anda kunjungi belum memiliki fasilitas uang elektronik.

Simpan Kontak Penting Di Handphone

woman in white shirt wearing silver link bracelet round analog watch

Bepergian sendirian memanglah mengasyikan, namun anda juga harus tetap aware dengan lingkungan sekitar. Terutama jika anda seorang perempuan, kejahatan akan lebih rentan terjadi. Maka dari itu, simpanlah nomor keamanan setempat gun ajika ada hal buruk terjadi anda bisa langsung sigap menghubunginya.

Pelajari Bahasa Dasar Warga Setempat

white book page on brown wooden table

Bepergian akan lebih mudah jika kita bisa berbaur dengan warga setempat, maka dari itu akan lebih baik jika anda mempelajari bahasa daerah atau pun negara nya terlebih dahulu sebelum mengeksplore tempatnya. Selain itu, mempelajari bahasa juga bisa membuat anda tidak kebingungan saat melakukan transaksi dengan warga setempat.

Categories: Traveling

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.