Pahami Dirimu Lebih Dalam Dengan Melakukan Self-Love

Seringkali kita merasa bersalah jika kita tidak menghargai orang lain atas sikap kita. Namun sebelum anda merasa ‘harus’ menghargai orang lain, sudahkah anda menghargai diri sendiri? Tentunya hanya anda lah yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Memberikan pemahaman yang lebih dalam kepada diri kita bisa menjadi lebih realistis dan jujur kepada diri sendiri.

Cara untuk menghargai diri anda sendiri merupakan langkah awal dalam menerapkan self-love. Ketika anda sudah mulai mampu untuk menerima kekurangan yang kita punya mulai dari yang orang lain lihat hingga yang tak terlihat itu merupakan dasar untuk menerapkan self-love.Jangan mengharapkan anda bisa bersikap baik dan menghormati orang lain, jika anda sendiri belum mengenal siapa anda sebenarnya. Lalu, langkah apa saja yang harus kita lakukan agar diri anda bisa mencintai diri anda? Simak tips dibawah ini!

Memaafkan Kesalahan Yang Lalu

Jika anda memiliki kekeliruan yang membuat anda dilingkupi rasa bersalah, just let it go. Jangan sampai kesalahan anda di masa lalu menjadikan anda sebagai orang yang tidak bisa move on dan selalu meragukan diri anda. Memaafkan merupakan cara terbaik untuk membuat diri anda menjadi lebih baik, pahami bahwa setiap orang tidak ada yang sempurna dan pasti pernah melakukan kesalahan.

Kenali Potensi Diri

Self-Love dapat dilakukan dengan menyaring kegiatan yang anda sukai dan menjadi prioritas dalam kehidupan anda. Jangan sia-siakan waktu anda yang berharga untuk melakukan apa yang tidak anda suka. Asah lah potensi besar yang anda kuasai, sehingga anda bisa fokus dan mengembangkan kemampuan anda guna membentuk self-confident (kepercayaan diri) nantinya.

Pentingnya Me Time

woman in white shirt using smartphone

Rutinitas anda yang berulang, membuat anda bertemu banyak orang dan mungkin lebih menjadikan kepentingan orang lain sebagai prioritas. Anda harus memberikan spare waktu untuk diri anda agar anda lebih bisa leluasa untuk memuaskan diri anda sendiri. Melakukan me time bisa dilakukan dengan hal-hal kecil yang membuat anda senang, seperti menonton film, masak-masak maupun pergi ke mall.

Toxic People? Big No!

How To Deal With Toxic People (And Why You Really Need To) - Dr Chloe  Carmichael

Ketika anda sudah belajar tentang self-love dan telah menerapkannya, akan terasa percuma jika lingkungan di sekitar anda tidak mendukung anda. Lingkungan yang dipenuhi oleh orang-orang yang toxic dan selalu membuat anda down dan merasa terkekang. Demi kesehatan mental dan kebaikan anda, sedikit demi sedikit anda harus berani untuk menjauhi lingkungan yang toxic. Percayalah, diluar sana ada banyak orang yang lebih baik dan menerima kelebihan hingga kekurangan anda tanpa tapi.

“To fall in love with yourself is the first secret to happiness.”

-Robert Morley-

Categories: Love Life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.