Sajikan Pesan Menyentuh tentang Arti Kehilangan, Arash Buana Rilis Single Terbaru ‘Stars’

“You’ll Never Know What U Have, Until U Lose It.”

Sebuah ungkapan yang mungkin sering terdengar, namun sulit untuk meresapinya apabila belum betul-betul merasakannya. Setidaknya ungkapan itu pula yang menjadi premis dari karya terbaru solois muda dan berbakat Arash Buana. Setelah sukses dengan beberapa single seperti Could Be, say you’re done with me, dan kolaborasi bersama Raissa Anggiani dalam If U Could See Me Cryin’ in My Room yang mencapai lebih dari 12 juta listens di Spotify, Arash kembali menghadirkan karya menyentuh berjudul Stars.

Single ini diambil dari backstory yang cukup menyentuh, yakni tentang cerita seorang anak muda berusia 19 tahun bernama Xavier. Di usianya yang terbilang masih belia, ia berusaha tegar untuk menjalani sisa hidupnya yang tak lama lagi, karena penyakit kanker yang diderita. Di tenggat waktu yang hanya sebentar itu, Xavier tidak ingin menyia-nyiakan sisa hidup dalam rasa kecewa, putus asa, atau bahkan ketakutan.

“Awalnya dia seperti itu, sampai akhirnya dia menyadari sesuatu yang lebih berharga untuk dia,” terang Arash Buana menceritakan tentang lagu Stars.

Mengenai proses pembuatannya sendiri, Stars diciptakan oleh Arash dalam waktu kurang-lebih satu bulan. Draft lagunya mulai ditulis pada akhir Desember dan selesai dikerjakan awal Februari.

“Gue bikin lagu ini dari akhir Desember (bikin lagunya dulu), dan sampai akhirnya dapet mastering itu… awal Februari dikarenakan masalah teknis yang amat banyak,” jelas Arash.

Lewat Stars, Arash Buana ingin menekankan tentang berharganya kebersamaan bersama dengan orang-orang tercinta. Penyanyi kelahiran Jakarta, 12 Juni 2003 pun ingin mengajak para pendengar agar menghargai apapun yang dimiliki, karena sebenarnya semua hal bisa hilang seketika, sewaktu-waktu.

“Pesannya simple sih. Enjoy the time you have with people that you love. No matter when, not matter how, not matter where, semuanya bisa berakhir dengan gitu aja. Like my Dad once told me: you’ll never know what you have, until you lose it. So make sure to know what you have as soon as possible and hold on to it, as tight as possible,” ungkap Arash.

Seperti beberapa single Arash yang pernah dirilis sebelumnya, Stars masih menyajikan konsep minimalis dengan kombinasi vokal lembut serta petikan gitar yang syahdu. Penyanyi yang juga sangat menggemari Ed Sheeran, Jeremy Zucker, dan Novo Amor itu pun mampu menghadirkan suasana nyaman dan tenang kepada pendengar saat meresapi setiap kata dalam lirik lagu Stars. 

Menarik untuk menunggu bagaimana Arash Buana menghadirkan Stars yang menyimpan plot menyentuh ini dalam format Music Video. Songwriter yang juga hobi main game itu memberikan bocoran jika dalam Music Video Stars, akan dihadirkan tokoh bernama Xavier dan Winter.

“Xavier, anak berumur 19 tahun, mengidap kanker paru paru dan anaknya ya… realistis. Sejujurnya tidak berekspektasi banyak di dunia ini karena ada banyak hal di masa lalu yang membuat dia berpikir seperti itu. Kehidupan rasanya ‘ya udah’ aja gitu. Ibunya udah meninggal, lumayan dingin anaknya. Dan orang yang paling dia sayang selain ibunya adalah Winter. Winter berumur 21 tahun, teman dari kecil Xavier. Lumayan tomboy, dan menganggap Xavier seperti adiknya sendiri,” jelas Arash.

Nikmati sampai detik terakhir, karena Music Video Stars akan menarik untuk dikulik hingga part ending. Ada plot yang akan sayang untuk dilewatkan. Selain itu, menjadi fakta menarik juga saat proses pembuatan single Stars ini, di mana Arash mengaku jika lagunya baru selesai ketika hari-H rekaman.

“Oh gue baru selesain lagunya hari-H gue rekaman. HAHAHA, jujur udah jadi kebiasaan karena pada dasarnya, kalau nggak ada dorongan untuk nulis lirik, nggak bakal jadi-jadi lagunya,”

Proses recording sendiri dilakukan di Highground Studio Bintaro, sedangkan kuris mixing and mastering dipercayakan kepada Casey Leiwakabessy di Sage Studio. Terakhir, Arash juga mengungkapkan harapannya kepada lagu ini.

“Harapan lagu ini, semoga sukses pastinya, banyak yang suka, semoga yang mempunyai kisah mirip-mirip sama lagunya bisa ikutan terharu. Semoga  pesannya tersampaikan,” pungkas Arash.

Single terbaru Arash Buana berjudul Stars ini sudah bisa dinikmati di Digital Streaming favorit kamu mulai tanggal 28 Februari 2021. Enjoy Stars, and hope that you can always know what you have, before it’s gone.

Categories: Music, Uncategorized

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.