Hal-hal ini Bisa Menyebabkan Menstruasi Tidak Teratur

Hal-hal ini Bisa Menyebabkan Menstruasi Tidak Teratur

Menstruasi merupakan proses luruhnya dinding rahim yang disertai oleh keluarnya cairan darah. Siklus menstruasi yang wajar bisa terjadi setiap 28-36 hari dan sekitar 11-13 kali dalam setahun. Setiap perempuan memiliki siklus yang berbeda-beda, sebagian bisa tepat waktu namun bukan tidak mungkin juga bisa terjadi lebih cepat maupun lebih lambat. Tentunya hal ini jangan dianggap sepele, karena bisa menyebabkan penyakit serius jika terjadi secara terus menerus. Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa disebabkan oleh beberapa hal dibawah ini:

Pola Hidup Yang Tidak Teratur

woman with messy hair wearing black crew-neck t-shirt holding spoon with cereals on top

Jadwal makan yang berantakan, minimnya minum air putih, pemilihan makanan yang tidak sehat hingga tidak teraturnya pola tidur akan menyebabkan siklus haid anda menjadi tidak teratur. Hal ini dikarenakan pola hidup yang telah menjadi keseharian kita dapat mempengaruhi hormone yang ada dalam tubuh.

Stres

woman covering her face with white tissue paper

Stres dapat berimbas pada kenaikan dan penurunan berat badan yang drastis sehingga dapat mengganggu produksi hormon dalam tubuh. Bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengatur siklus menstruasi adalah hipotalamus. Maka dari itu jika ketidakteraturan siklus haid anda disebabkan oleh stress anda bisa melakukan teknik relaksasi dan mengubah pola hidup agar lebih teratur dan sehat.

Obesitas

Meter Analog Kuning

Penambahan berat badan yang ekstrem bisa menyebabkan menstruasi tidak lancar. Penelitian menunjukan bahwa perempuan dengan indeks masa tumbuh yaitu ada di kisaran 25 30, atau lebih dari 30 akan memiliki resiko haid yang terlambat. Ada baiknya jika anda melakukan diet sehat dan pola olahraga yang baik jika anda telah mengalami obesitas.

Hormon Yang Tidak Seimbang

woman sitting beside drawer

Hormon dalam tubuh yang tidak seimbang dapat membuat menstruasi menjadi tidak lancar. Adapun dua peran hormon yang berperan yaitu hormon esterogen dengan perannya dalam mempengaruhi kesuburan dan siklus haid. Kemudian hormon progesteron yang berfungsi untuk mengatur sistem reproduksi dalam menyiapkan terjadinya kehamilan termasuk siklus haid.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.