Saatnya Generasi Milenial Melek Investasi

Saat ini dengan segala kemudahan teknologi investasi menjadi jauh lebih mudah, hal ini pun menjadi daya tarik sendiri khususnya generasi milenial yang kini sudah melek akan investasi, bahkan investasi saham, sudah menjadi tren saat ini. Para generasi milenial kini berlomba-lomba untuk melakukan investasi saham, walaupun memiliki resiko yang cukup tinggi. Hal itu tidak menyurutkan keinginan para generasi milenial untuk berinvestasi di beberapa saham.

Berdasarkan pencatatan Bursa Efek Indonesia, Jawa barat sendiri saat ini memiliki jumlah Investor saham di Pasar modal terus bertumbuh positif, misal pada tahun 2019 Jumlah Investor saham di Jawa Barat mencapai 177.105, meningkat menjadi 278.679, dan pada tahun ini Tepatnya di Januari 2021 menjadi 317.345 Investor. Sedangkan jumlah single Identification D atau S-I-D pasar modal di jabar, pada 2019 mencapai 475.477 meningkat menjadi 734.687 pada 2020 dan di Januari 2021 menjadi 800.643. Jika diliat berdasarkan usia peningkatan terbesar berasal dari para generasi milenial yaitu orang-orang yang berusia 18 Hingga 25 Tahun, mencapai 120.298 Investor saham pada januari 2021.

Hal ini sejalan dengan edukasi yang dilakukan mengenai investasi, khususnya di beberapa perguruan tinggi yang pastinya berharap para generasi milenial ini bisa menjadi seorang investor yang handal. Namun seringkali Kita menemukan orang-orang yang khususnya generasi milenial dalam melakukan investasi saham karena mengikuti tren saat ini atau karena teman, sehingga sebagian dari mereka tidak memahami berbagai pemahaman tentang Investasi.

sebelum mulai Investasi saham sebaiknya Kita memahimi terlebih dahulu dari apa saja instrumen investasi, lalu strategi dan langkah apa saja yang harus dilakukan untuk memaksimalkan keuntungan atau meminimalisir kerugian. Seperti bagaimana jika pasar modal sedang mengalami penurunan, apa saja resiko yang akan dihadapi, tentu hal ini harus sudah mulai dipahami oleh para investor pemula. Namun Anda jangan khawatir, saat ini semua hal tersebut dapat Anda pelajari melalui berbagai platform dan tentu Anda bisa mempelajari mulai dari hal yang mendasar, sampai yang sudah mulai handal dalam mengatur portofolio Anda.
kunci yang paling harus Anda ketahui atau pahami, bahwa pada dasarnya investasi ini bukan bertujuan untuk menjadikan cepat kaya, melainkan untuk mencapai tujuan finansial. Setidaknya Anda bisa menunda kebahagian saat ini untuk mempersiapkan kehidupan di masa depan anda.


Tentu para generasi milenial mempunyai banyak impian, mulai dari mempunyai rumah sendiri, brang yang branded, dan Mobil pribadi. Maka salah satu yang anda harus dilakukan adalah dengan menabung atau investasi sebagian penghasilan Anda. Tetapi untuk saat ini idealnya adalah, apalagi khsusunya bagi Anda generasi milenialo yang baru bekerja, dan belum mendapatkan penghasilan yang terlalu tinggi, lebih baik Anda memprioritaskan penghasilan anda terhadap dana darurat, termasuk jika anda memulai investasi usahakan konsisten untuk terus menabung untuk memenuhi dana darurat terlebih dahulu. Saat ini anda bisa memulai investasi mulai dari hal yang kecil terlebih dahulu, bukan untuk anda yang sudah bekerja, teruntuk mahasiswa/pelajar bisa memulai investasi dari uang yang dimiliki, walaupun tidak terlalu besar tetapi dilakukan secara konsisten, tentu manfaatnya akan terasa di masa-masa yang akan datang. Lalu berapakah idealnya untuk kita menabung atau melakukan investasi ? anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan anda, atau jika harus di standarisasi, anda bisa mulai dari harga setengah sepatu yang digunakan, misal sepatu anda mempunyai harga 300 ribu, berarti anda bisa

menabung atau berinvetasi setiap bulannya 150 ribu. Selebihnya tinggal anda sesuaikan dengan
kemampuan finansial. Cukup Mudah kan untuk berinvestasi ? hal yang bisa anda lakukan untuk memulai investasi adalah dengan mempelajari berbagai instrumen investasi, seperti misalnya pasar uang, obligasi, dan saham. Disarankan untuk Anda yang baru memulai Anda bisa mencoba reksadana terlebih dahulu. Dimulai dari dana yang kecil, dan yang terpenting tetap konsisten sampai anda bisa mencapai tujuan finansial Anda.

Categories: Work

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.