5 Hal Yang Harus Dikuasai Untuk Menjadi MC yang Handal

Menjadi Seorang MC adalah pekerjaan yang menarik karena pastinya setiap acara membutuhkan seorang pembawa acara untuk mengatur jalannya acara. Namun seringkali kita menemukan kendala-kendala yang dihadapi pada saat kita membawakan sebuah acara, mulai dari rasa grogi, lalu takut salah dalam menyebutkan nama orang, apalagi orang tersebut merupakan tamu kehormatan yang diundang dalam acara tersebut.

Saat ini profesi menjadi seorang MC sangat diminati oleh banyak orang terutama anak-anak muda, bahkan profesi ini bisa dijadikan pekerjaan utama atau sampingan, ditambah penghasilan yang menjanjikan apalagi jika sudah mempunyai jam terbang yang tinggi, serta sudah ahli dalam dunia per-Mcan. Maka bayarannya pun akan semakin tinggi. Namun untuk menguasai kompetensi menjadi seorang MC ada beberapa hal yang harus anda kuasai, ketika akan memulai karir sebagai seorang MC. Berikut adalah Pembahasannya.

Percaya Diri

Seorang MC harus percaya diri pada saat membawakan atau memandu acara, pastinya kita harus percaya dengan kemampuan yang kita miliki. Namun perlu diperhatikan juga jangan sampai terlalu percaya diri secara berlebihan karena hal ini akan berpengaruh terhadap attitude anda pada saat di atas panggung. Jadi percaya diri bahwa anda bisa menampikan kemampuan yang terbaik, karena percaya diri ini merupakan modal awal untuk tampil didepan banyak orang. Lalu bagaimana untuk bisa menjadi percaya diri ? caranya adalah persiapan sebaik mungkin mulai dari kuasai acara, pahami konten acara, dan anggaplah orang-orang yang hadir adalah orang-orang favorit kita.

Kemampuan Public Speaking yang Baik

Public Speaking tentu sangat penting untuk kita kuasai, karena seorang MC pun nantinya selain membawakan sebuah acara harus dapat berinterkasi dengan audiens dalam acara. Bahkan sebelum anda belajar MC maka anda harus belajar Public Speaking terlebih dahulu, karena Public Speaking merupakan dasar keilmuan, sedangkan MC merupakan Profesi yang ranahnya adalah Public Speaking, begitupun juga dengan profesi lainnya, sangat diperlukan mempunyai kemampuan public speaking yang baik terlebih dahulu

Berpikir Kreatif dan Inovatif

photo of bulb artwork

Seiring dengan pengalaman anda, dan jam terbang yang anda miliki, tentu secara kemampuan kreatifitas akan semakin meningkat. Dan seorang MC pun harus di tuntut kreatif dalam menghadapi situasi apapun. dalam hal ini anda harus dapat mencairkan suasana, atau bagiaman caranya acara tersebut menjadi lebih meriah juga berkesan bagi orang-orang yang datang pada acara tersebut. apalagi Mc adalah jantung dari acara, jadi sukses atau tidak nya acara tersebut bergantung pada sukses atau tidak seorang MC dalam membawakan acaranya.

Mempunyai Peranan yang Fleksibel Dalam Acara

Seorang MC tentu harus bisa cepat dalam beradaptasi dengan berbagai acara. Karena biasanya dalam acara sering kali menemui permasalahan baik secara teknis maupun non teknis, hal ini tentu seorang MC harus dapat mengatur jalannya acara agar bisa tetap berjalan. Hal yang bisa terjadi biasanya pada saat seorang pembicara belum hadir di lokasi, maka seorang MC harus mampu mengulur waktu, dan meneruskan agar acara tersebut bisa tetap berjalan. Intinya seorang MC bisa memudahkan apa yang sulit, dan semua acara dari awal sampai selesai bisa bejalan dengan lancar.

Memiliki Jiwa Penghibur

Yang pasti seorang MC harus dapat mencairkan suasana, tentu sepanjang acara orang-orang akan mulai bosan, disitulah Tugas MC bagaimana caranya bisa membuat suasana kembali menjadi seru. Adapun seorang MC biasanya menggunakan Ice Breaking atau bermain game dengan audiens, dengan melibatkan orang-orang tentu suasa acara akan aktif kembali, dan yang terpenting setiap memandu acara bisa berkesan di benak audiens, tentu menjadi tugas yang berat bagi seorang MC dalam memandu acara, tetapi jika kita senang melakukannya dan memiliki passion dalam bidang ini maka apa yang annti kita lakukan akan jauh lebih menjadi semangat.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.