Mengenal Dunia Stand Up Comedy Dengan Beberapa Istilah Dasar

Istilah di dalam Stand Up Comedy

Untuk menjadi Stand Up comedian tentu mempunyai Keilmuan dasar yang harus dikuasai, mulai dari bagaimancara penulisan materi, mengembangkan ide yang berangkat dari sebuah keresahan, dan Teknik Penyampaian agar pesan yang disampaikan bisa dipahami oleh setiap orang. Tentu seorang Stand Up Comedian tidak hanya bermodalkan Lucu, mereka pun harus pintar dalam menganalisis keadaan, yang kemudian topik yang dibahas harus berdasarkan sudut padang komedi. Tentu bukan hal yang mudah untuk menjadi seorang Komika, tetapi bukan berarti tidak bisa kita pelajari, intinya semua orang bisa lucu tergantung bagaimana cara dia mengkemasnya. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai dunia Stand Up Comedy ada baiknya anda mengenal istilah-istilah yang terdapat paa Stand Up Comedy

  • Joke : Atau lelucon, merupakan alat untuk mengeskpresikan humor dan biasanya dibawakan di pertunujukan komedi. Sedangkan secara umum terdiri dari setup dan puncline.
  • OneLiner : Suatu Fomat lelucon yang terdiri dari satu atau dua kalimat
  • Setup : Bagian Pertama dari suatu lelucon yang berisi premis, topik, dan sikap pertama terhadap topik yang dibawakan. Atau tepatnya membangun sebuah asumsi untuk menggiring penonton masuk kedalam ceritanya.
  • Punchline : bagian kedua dari suatu lelucon, atau bagian yang lucunya, dengan menggunakan twist atau pematahan pada asumsi yang dibangun pada Setup
  • Tag : Punchline tambahan yang diberikan setelah si komika mengeluarkan Punchline pertama. Dengan masih setup yang sama
  • Bit : Satu rangkaian atau kumpulan lelucon yang berisi pada topik yang sama, biasanya menjadi satu rangakain cerita yang disampaikan kepada penonton, sebelum masuk ke topik selanjutnya.
  • Set : Kumpulan materi Humoristik yang sudah ditulis oleh para komika, untuk ditampilkan dalam pertunjukan komedi berdarsakan durasi tertentu.
  • Delivery : cara atau Metode dalam menyampaikan atau mengekspresikan lelucon. Dari materi komika yang sudah dibuat, dan diperkuat dengan ekspresi, mimik muka, cara pembawaan, atau ciri khas dari para komika.
  • LPM : Laugh Per Minute, adalah stauan untuk menghitung jumlah tawa yang didapatkan komika saat tampil di pertujukannya dalam satuan menit. Semakin padat jumlah tertawa dari para auidens maka semakin pecah pertunjukan dari komika tersebut.
  • Kill : Istilah yang mengacu pada penampilan komika yang berhasil menghibur dan jika di Indonesia sering menyebutnya dengan kata Pecah, artinya suasana dari pertunjukan tersebut sangat meriah dengan penuh tertawaan, selain itu menjadi sebuah kesan para penonton setelah menonton pertunjukan Stand Up Comedy.
  • Riffing : Istilah untuk sebuah aktivitas komika dengan melakukan interaksi terhadap audiensnya dari atas panggung, biasanya penonton ini akan menjadi bahan tertawaan bagi penonton lain.
  • Openmic : Ajang bagi para komika atau siapapun untuk mencoba materinya secara langsung ditas panggung dan dihadapan audiens. Tetapi untuk openmic ini bersifat gratis bagi komika maupun penonton. Kurang lebuh seperti mensimulasikan materi atau mencoba materi yang baru.
  • Special Show Suatu Pertunjukan Tunggal dari seorang komika, biasanya membawakan set dengan durasi sekitar b1 jam atau lebih, dan ini merupakan salah satu karya terbesar dari komika atau pencapaian komika selama berkarir menjadi Stand Up Comedian
  • Opener : Komika yang bertugas sebagai penampil pertama di pertunjukan komedi atau special show dengan durasi yang pendek selain itu nantinya sekaligus mem-present komika utama pada special shownya.
  • Roast : istilah untuk merujuk aktivitas komika yang meledek komika lain atau tokoh dan Publik figur dalam konteks komedi. Biasanya, pelakunya (roaster) dan pihak yang di roasting sudah merencanakan dan menyetujui konsep ini secara matang sebelum ditampilkan di hadapan penonton. Selain itu seorang roaster harus melakukan riset terlebih dahulu untu orang yang di roasting terutama mengungkap fakta-fakta menarik atau hal-hal yang bisa dikomedikan.
  • Itu dia istilah-istilah dasar dalam dunia Stand Up Comedy, pada intinya komedi ini bisa dipelajari oleh siapapun, bukan hanya orang yang pada dasarnya lucu menurut orang-orang, tentu dengan karakter apapun, bahkan seorang introvert bisa mempelajarinya. Mungkin anda tertarik juga untuk menjadi Stand Up Comedian ? segera bikin materinya anda bisa memulai berdasarkan dari keresahan anda. Selamat Mencoba.   

Categories: Work

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.