Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Dengan Bahan Alami

Ketombe adalah masalah kulit “sejuta umat”. Ketombe dapat dialami oleh wanita atau pria, dan sangat mengganggu kenyamanan serta percaya diri. Ada banyak hal yang menjadi penyebab munculnya ketombe, mulai dari jenis sampo yang digunakan, kulit yang kering atau bahkan berminyak. Meskipun banyak produk yang menawarkan perawatan untuk menghilangkan ketombe, tidak ada salahnya jika anda menggunakan bahan alami untuk membasmi ketombe di kulit kepala anda.

Minyak Pohon Teh

Minyak Pohon Teh Juga Dapat Suburkan Rambut | Republika Online

Minyak pohon teh atau lebih dikenal dengan tea tree oil ampuh untuk membasmi ketombe membandel. Minyak pohon teh ini mampu mengurangi pertumbuhan jamur dan dapat meredakan rasa gatal yang ditimbulkannya tetapi minyak pohon teh juga dapat menyebabkan iritasi bagi mereka yang memiliki kulit sensitive.

Cara menggunakan minyak pohon teh dengan mengencerkannya dan campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan sampo yang biasa anda gunakan. Lalu gunakan seperti anda keramas seperti biasa.

Minyak Kelapa

10 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Minyak kelapa adalah bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengurangi ketombe. Minyak kelapa bisa membantu kulit kepala lebih terasa lembab dan dapat mencegah kulit kering. Cara penggunaanya oleskan minyak kelapa pada kulit secara merata, diamkan beberapa menit, lalu bilaslah dengan air bersih.

Baking Soda dan Garam

Baking soda adalah bahan pembersih alami dan bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Dengan menyampurkan baking soda dan garam dapat membuat scrub dengan bahan alami, dan dapat mengangkat kulit mati di kepala anda.

Cara pembuatannya yaitu siapkan 3 sdm garam dapur yang halus dan 3 sdm baking soda yang sudah dicampur dengan 50ml air bersih. Pertama oleskan baking soda pada kulit kepala dan rambut hingga ujung rambut. Diamkan beberapa menit, lalu oleskan garam. Sisir rambut perlahan sembari dipijat. Terakhir bilas dengan air bersih.

Lidah Buaya

Berbagai Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah - Alodokter

Lidah buaya adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat. Lidah buaya juga dipercaya mampu mengatasi peradangan pada kulit kepala. Namun bagi anda yang memiliki kulit sensitive sebaiknya coba terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit gel pada pergelangan tangan.

 Siapkan 1 buah lidah buaya dan kupas kulitnya, ambil gel yang ada di dalamnya, lalu aplikasikan pada rambut sekaligus kulit kepala sambil pijat secara perlahan, diamkan selama 45 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air dingin tanpa menggunakan sampo hingga bersih

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung asam dan enzim yang dapat membunuh jamur dan bakteri dan mampu merangsang pengelupasan sel kulit mati di kepala. Tetapi cuka sari apel juga dapat menyebabkan iritasi jika digunakan secara berlebihan. Buatlah campuran 60 mililiter cuka sari apel dan 60 mililiter air, yang dicampur dalam botol semprot. Lalu, semprot kulit kepala secara menyeluruh, tutup dengan handuk selama 15 menit, dan cuci rambut seperti biasa. Lakukan perawatan ini setidaknya dua kali dalam seminggu.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.