Tips Membuat Slide Presentasi Yang Efektif dan Tidak membosan

cara membuat presentasi yang menarik di powerpoint

Aktivitas dalam Presentasi pastinya sangat dibutuhkan baik oleh pelajar, mahasiswa, karyawan, juga para pimpinan, termasuk apapun profesinya tentu sangat dibutuhkan, terutama dalam memperkuat pesan yang disampaikan dengan adanya slide presentasi, pesan yang disampaikan dapat di visualkan, terutama hal-hal yang berkaitan dengan data, atau menjelaskam keadaan, salah satuny Anda bisa mengemasnya dengan slide menarik. Karena sering kali orang-orang membuat slide presentasi penuh dengan kata-kata tidak variatif sehingga kita melihatnya membosankan. Tentunya presentasi anda ingin berjalan dengan lancar sehingga orang-orang menjadi tertarik, apalagi jika Anda sedang mempromosikan sebuah produk. Agar lebih menarik anda bisa mengubah atau membuat slide presentasi dengan Tips berikut Ini.

Masukan Poin Pentingnya Saja, Jangan Terlalu Banyak Kata-Kata.

Agar Slide terlihat lebih efektif dan efisien jadi masukan poin-poin penting saja, adapun yang harus diperhatikan bahwa slide presentasi hanya sebagai alat bantu anda dalam menyampaikan pesan, bukan isi pesan atau seluruh rangkaian presentasi anda. Rata-rata orang seringkali memasukan kalimat yang panjang, kemudian membaca apa yang tertera pada slide. Mulai sekarang hindari hal tersebut, kuasai materi sebaik mungkin, agar presentasi anda bisa lebih terstruktur dan sistematis.

Presentation Skills: Your Presentation Body [Part 1] « CGWA

Perbanyak Gambar, dan Masukan Gambar Secara Rapih.

Menempatkan gambar yang rapih akan lebih terliat enak di pandang oleh audiens jadi selain perbanyak gambar pada slide presentasi anda jangan lupa rapikan gambar tersebut, usahakan gambar tersebut jangan terliat pecah atau blur. Carilah gambar yang menarik dan bisa menggambarkan apa yang anda presentasikan. Atau poin-poin yang disampaikan hal ini adalah untuk memperkuat gagasan atau pesan yang anda sampaikan.

Creating effective presentation slides: which platform to use? | SpeakerHub

Hindari Bullet Point

Untuk yang satu ini bisa disesuaikan dengan desain dari slide presentasi anda, dan usahakan agar slide terlihat lebih efektif juga bagus untuk diliat, hindari pemakaian Bullet Poin, lebih bagus anda gunakan bentuk shape atau gambar untuk menyampaikan setiap poinnya serta ditambah animasi untuk memunculkan poin-poin yang akan anda sampaikan. Selebihnya tergantung dari kreatifitas anda, jika pun menggunakan Bullet Point tidak masalah digunakan di beberapa slide. Disesuaikan dengan kebutuhan.

Bullet Point Traditional original Flat vector - Download Free Vectors,  Clipart Graphics & Vector Art

Terapkan Aturan 10/20/30

Metode ini di populerkan oleh Guy Kawasaki, Secara sederhana cara ini merupakan kumpulan prinsip aturan slide presentasi yang efektif, yang terdiri dari 10 slide, 20 menit presentasi, dan 30 untuk ukuran font atau tulisan. Hal ini bisa dijadikan sebagai sebuah acuan slide presentasi agar semua poin yang ingin anda sampaikan bisa terakomodir dan berjalan efektif pada saat presentasi, tentu metode ini bisa divariasikan sesuai dengan kebutuhan anda, yang terpenting materi yang anda sampaikan bisa dijelaskan secara singkat, padat, dan jelas. Seperti misalnya 10 slide, jadi minimal anda mempunyai 10 poin yang penting untuk disampaikan. Atau 20 menit presentasi adalah waktu yang ideal untuk orang yang melakukan presentasi. Terakhir adalah 30 untuk ukuran font, karena presentasi anda diliat dari orang yang paling depan hingga belakang pastikan slide anda bisa terbaca.

5 Kebiasaan Buruk Saat Melakukan Presentasi

Tentu yang lebih penting lagi adalah cara anda membawakan presentasi, mulai dari cara penyampaian pesan, melakukan interaksi dengan audiens, dan penguasaan materi. Ingat, Slide presentasi ahnyalah pendukung alat, bukan dari isi pesan yang anda sampaikan, jadi pastikan anda mengetahui betul topik yang akan dibahas. Selamat Mencoba !

Categories: Work

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.