Lakukan Olahraga Ini Sebelum Tidur Bisa Membuat Istirahat Anda Optimal

Melakukan aktivitas olahraga kerapkali dilakukan pada waktu pagi agar membuat tubuh Kita menjadi fit dalam menjalani hari. Beberapa dari Anda mungkin belum bisa menyempatkan untuk berolahraga di pagi hari karena rutinitas sehari-hari seperti bekerja. Namun kegiatan berolahraga juga bisa dilakukan pada malam hari terlebih akan lebih efektif  jika dilakukan pada waktu akan beristirahat. Gerakan-gerakan berikut ini bisa menjadi referensi Anda untuk berolahraga sebelum tidur agar waktu istirahat Anda lebih optimal.

Elbow Plank

Gerakan elbow plank ini memberikan tumpuan pada lutut dan lengan, sehingga dapat berfungsi untuk melatih kekuatan lengan dan perut. Anda bisa meletakkan kedua lengan Anda pada lantai dengan posisi tubuh yang terangkat secara merata seperti ilustrasi diatas. Lakukan gerakan ini selama 20 detik dengan dua kali pengulangan.

Alternating lunges

Alternating Lunge Exercise Female
ilustrasi Alternating lunges

Lunges merupakan gerakan berdiri dengan posisi yang rendah dan memberikan jarak antara kaki kanan dan kaki kiri. Namun saat melakukannya, tubuh anda harus tetap dalam keadaan seimbang dan tegak untuk kembali ke posisi normal. Gerakan ini dapat mengencangkan otot di bagian paha hingga bokong. Manfaat lainnya yaitu olahraga ini dapat menambah fleksibilitas pada otot kaki, sehingga akan lebih ringan dalam melangkah. Pada gerakan ini lakukan 20 kali pengulangan dengan kaki yang bergantian.

Wall Sit

Selain untuk melatih kekuatan otot paha dan bokong, wall sit juga dapat bermanfaat untuk melatih keseimbangan. Untuk melakukan gerakan ini, anda cukup menempelkan punggung anda pada tembok dan memposisikan kaki Anda menekuk seakan-akan sedang duduk. Kemudian gerakan kaki keatas dan kebawah selama lima menit.

Vertical Leg Crunch

Gerakan vertical leg crunch sangat bermanfaat untuk melatih otot perut. Olahraga ini sangat cocok dilakukan pada saat akan istirahat karena anda cukup membaringkan tubuh anda dan meluruskan kedua kaki anda hingga membentuk sudut 90 derajat. Lalu turunkan kedua kaki anda secara bersamaan tanpa menyentuh lantai lalu tahan, dan tarik kembali bagian kaki keatas.

Bicycle Exercise

Anda bisa menirukan gerakan mengayuh sepeda dengan berbaring dilantai atau kasur. Caranya anda menaruh lengan dibelakang kepala sambal berbaring, lalu angkat lutut bagian kanan bersamaan dengan kepala dan pundak bagian kiri ke depan. Lakukan gerakan ini seperti anda sedang mengayuh sepeda. Anda bisa melakukannya dengan range waktu 30-60 detik guna membakar lemak dan juga membuat kaki menjadi jenjang.

Categories: Article, Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.