Mau Bikin Konten Tapi banyak Yang bahas ? Ini Dia Tips-nya

Saat Ini Pekerjaan Content Creator menjadi pekerjaan yang dipilih oleh banyak orang khususnya bagi para generasi milenial, tentu bicara tentang content creator banyak sekali berbagai pembahasan, sebut saja dalam kategori informatif, edukasi, hiburan, bahkan yang berkaitan dengan kebudyaan, sosial, dan politik. Karena content creator ini mempunyai ranah atau pasar yang luas, namun saah satu kunci keberhasilan dari seorang content creator adalah mengetahui apa yang membedakan dirinya dengan orang lain. Dengan begitu orang-orang pastinya akan mempunyai pilihan, konten manakah yang akan diminati bahkan anda bisa diundang oleh berbagai EO (Event Organizer) untuk diundang sebagai pembicara untuk memberikan materi tentang topik yang dibahas.

Namun seringkali content creator mengeluhkan ketika ada content craeator lain yang lebih bagus dalam membahas topik yang sama, pada intinya content creator pun mau tidak mau harus bersaing dalam memberikan konten yang bagus dan diminati oleh banyak orang. Beberapa yang berbeda dan sering dialami oleh kebanyakan content creator adalah belum menemukan konten spesifik, tidak melakukan riset secara mendalam tentang topik yang dibahas, berhenti di tengah jalan atau tidak konsisten, dan tidak spesifik dalam menentukan segmentasi yang dituju. Pada dasarnya setiap orang bia memilih tidak hanya satu, namun yang terpenting dalam hal ini adalah bagaimana anda membuat sesuatu hal yang berbeda, dan bermanfaat juga membantu persoalan dari orang lain

Setidaknya ada 2 hal yang bisa anda lakukan dalam membuat konten agar bisa berbeda dengan para Content Creator lainnya. Langsung saja ini dia pembahasannya.

Perdalam Topik yang Anda Bahas

Saking banyaknya Content Creator dan penduduk indinesia sendiri lebih dari 250 juta pastinya tidak hanya satu atau dua orang yang akan memikirkan topik yang akan anda bahas, untuk itu salah satu cara dalam membedakan anda dengan kompetitor yang sama, maka perdalam topik tersebut, misal ketika anda membahas tentang Public Speaking, maka Public Speaking untuk kalangan apa, apakah untuk mahasiswa/pelajar, karyawan, para pengusaha/bisnis, dan yang berkaitan dengan profesi dalam bidang public speaking seperti MC, TV Presenter, Moderator, dan lainnya.

Intinya perdalam materi tresebut carilah yang berbeda dengan kompetitor lainnya. Adapun keuntungan dengan adanya kompetitor yang sama, anda bisa menambah referensi pembahasan lalu kemudian mengajak kolaborasi dan menciptakan sebuah proyek bersama. Jadi saat ini bukanlah lagi era persaingan namun lebih kepada kolaborasi.

Don't Work Hard, Work Smart. Working hard won't make you successful… | by  Megan Holstein | Entrepreneur's Handbook

Punya Karakter Atau Cara pembawaan yang Berbeda

Jika masih ada topik yang sama, dan anda sudah berusaha untuk memperdalam topik tersebut, maka cara yang bisa anda lakukan adalah karakter anda dan cara pembawaannya. Tentu semua topik yang ada pada dunia ini pasti semuanya sudah ada yang membahas, termasuk semua cerita mulai dari percintaan, keluarga, atau relationship, horor, dan lainnya, tentu semua sudah pernah dibahas, jadi tidak ada yang benar-benar original, bahkan seni pun adalah bagian dari pengulangan, namun anda bisa membedakan dengan karakter yanng anda bentuk, cara pembawaan atau cara penyampaian pastinya akan menjadi daya tarik sendiri bagi orang-orang, namun kuncinya adalah pesan yang anda buat atau disampaikan bisa nyampe di benak orang-orang. Selebihnya tentu anda harus bisa memberikan sebuah kesan.

Berbagai Tugas Content Creator - Personal & Korporat

Jadi untuk Anda saat ini tidak ada alasan lagi untuk tidak memulai, terutama jangan khawatir jika topik tersebut sudah banyak yang membahasnya tentu dengan hal tersebut pastinya dapat dilakukan oleh anda, selebihnya adalah anda harus konsisten dengan topik yang anda bahas. Selamat Mencoba !

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.