Manfaat Masker Beras dan Cara Pengaplikasiannya

Beras adalah makanan pokok masyarakat Indonesia. Bukan hanya bagus untuk dikonsumi , beras juga memiliki berbagai manfaat dan khasiat. Beras telah turun temurun digunakan sebagai bahan kecantikan alami sejak dulu. Beras biasanya digunakan sebagai masker alami yang diyakini dapat memutihkan wajah, mwmbuat kulit tampak halus dan bebas jerawat.

Memang banyak ditemukan kosmetik-kosmetik siap pakai di pasaran, tapi kita harus hati-hati sebab tidak sedikit kosmetik yang beredar yang mengandung bahan berbahayaseperti merkuri dan hidroquinon. Menggunakan bahan alami bukanlah suatu hal yang ketinggalan zaman., hal ini bisa jadi pilihan tepat agar tetap cantik namun alami dan sehat.

Cara membuat masker beras untuk wajah

Bahan :

Beras putih 3 genggam

Untuk hasil terbaik ambil beras yang bebas bahan pemutih dan pengawet. Jadi sebaiknya dapatkan beras langsung dari pengggilingan gabah atau beras organik di swalayan.

Sediakan madu asli secukupnya

Hanya gunakan madu asli karena madu asli dapat menutrisi kulit wajah, mengencangkan kulit, dan anti radang. Namun jika sulit mendapatkan madu asli, anda bisa menggantinya dengan minyak zaitun dan air hangat.

Cara membuat :

  • Rendam beras dalam wadah dengan air secukupnya pada sorenya,  dan biarkan terendam semalaman. Keesokan harinya beras sudah menjadi lunak, tumbuk dan haluskan rata, setelah itu jemur dibawah terik matahari hingga kering. Simpan dalam wadah jika telah kering.
  • Ambil 2 sendok tepung beras yang telah dibuat. Campurkan 2 sdm madu asli dan aduk hingga rata menjadi pasta. Bisa juga ditambah minyak zaitun hingga kental untuk dapat dioleskan pada wajah.

Cara pemakaian :

  • Oleskan pada seluruh wajah dan leher, namun agak jauh dari mata dan bibir. Bisa menggunakan kuas untuk bmembantu mengolesi pada bagian yang agak sulit.
  • Biarkan masker ini hingga 20 atau 30 menit. Setelah itubilas dengan air hingga bersih. Keringkan dengan cara ditepuk-tepuk dengan handuk kering.
  • Cara alami perawatan ini bisa dilakukan 1 minggu sekali secara rutin. Walaupun mungkin hasilnya tidak secepat kosmetik buatan pabrik, namun cara ini dijamin aman dan akan membuat anda tampak cantik dalam jangka waktu lama.

Categories: Article, Beauty, Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.