7 Peralatan Hiking Yang Wajib Dibawa Untuk Anda Yang Pemula!

Menikmati keindahan alam memanglah suatu hal yang menyenangkan karena selain kita bisa melihat kesejukan pepohonan yang masih asri, kita juga bisa mensyukuri ciptaan-Nya yang sangat beragam. Namun jika anda memiliki minat untuk mendaki pegunungan atau sekedar hiking kecil di bukit anda harus memperhatikan banyak hal. Selain kondisi tubuh yang harus sedang fit, anda juga harus membawa beberapa peralatan yang sangat penting untuk dibawa. Terlebih jika anda merupakan pendaki pemula yang baru pertamakali mendaki gunung, selain tenda anda akan sangat membutuhkan peralatan-peralatan ini.

Kompas

Orang Yang Memegang Kompas Abu Abu Dan Hitam

Bagi anda yang belum mengetahui track perjalanan gunung yang cukup terjal, disarankan untuk membawa alat penunjuk arah yaitu kompas. Perjalanan ke gunung yang minim petunjuk arah akan membuat anda kebingungan dalam menentukan arah. Maka dari itu, kompas akan membantu anda dalam memberikan petunjuk arah jalan yang benar.

Carrier

hiking backpacks on grass with mountains background

Perjalanan hiking yang cukup panjang dan melelahkan akan membuat anda memerlukan banyak hal yang harus dipersiapkan. Anda disarankan untuk membawa carrier atau tas gunung agar barang bawaan anda mampu terkemas dengan baik tanpa membawa tas kecil lagi, karena itu akan membuat perjalanan anda menjadi tidak efisien. Tas gunung juga memiliki ukuran yang beragam, pilihlah ukuran sesuai peralatan yang kiranya anda butuhkan.

Alat Penerangan

Tangan Kiri Orang Memegang Alat Stainless Steel

Tidak adanya penerangan pada track gunung membuat anda harus mempersiapkan alat penerangan yang cukup. Hal ini dikarenakan waktu pendakian tak hanya dilakukan pada siang hari, pada malam hari pun banyak yang melakukan pendakian. Untuk menerangi jalan agar tidak tersesat dan bisa mengetahui keadaan sekitar, anda harus mempersiapkan senter atau alat penerangan lainnya yang bisa membantu anda menerangi perjalanan hiking.

Makanan dan Minuman Secukupnya

Foto stok gratis acara, bagus, bahan makanan

Kegiatan mendaki gunung adalah hal yang sangat melelahkan dan sangat menguras energi. Karenanya, anda harus mempersiapkan bekal yang cukup khususnya makanan dan minuman. Tentunya anda disarankan untuk membawa makanan dan minuman yang mengandung gizi yang baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda. Namun anda juga harus mengingat untuk tidak berlebihan dalam membawa bekal dan sampah makanannya yang jangan dibuang sembarangan agar keasrian alam tetap terjaga.

Alat Masak

flat lay photography of hip flask, book, tiffin carrier and container

Tentunya peralatan masak akan sangat dibutuhkan untuk memasak makanan yang akan disantap. Kompor portable beserta gas kalengnya, wajan mini, spatula dan alat makan seperti piring dan sendok adalah wajib untuk dibawa. Tidak perlu membawa peralatan yang memang kurang penting dibawa agar barang bawaannya tidak terlalu banyak.

Pakaian Hangat

Jas Hitam Digantung Di Rak Perak

Cuaca pegunungan yang dingin bahkan terkadang ekstrem membuat anda harus membawa perlengkapan yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh anda. Jaket dan pakaian tebal akan membantu anda saat hiking agar tidak mengalami hipotermia.

Obat-obatan

orange Erste Hilfe med kit

Tidak sedikit orang yang mengalami kelelahan, hypothermia atau bahkan tubuhnya terkena luka pada saat perjalanan. Karenanya anda harus mempersiapkan obat-obatan yang sekiranya diperlukan, terlebih jika anda memiliki penyakit tertentu atau alergi disarankan untuk membawa obat khusus sesuai kebutuhan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Categories: Traveling

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.