Aroma Wangi-wangian Berikut ini Bisa Pengusir Nyamuk

Kenyamanan lingkungan khususnya rumah akan sangat terusik dengan kehadiran nyamuk yang hadir. Selain menyebabkan bentol dan rasa gatal pada kulit, nyamuk pun bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya yaitu Aedes Aigipty atau sering dikenal sebagai demam berdarah. Namun jangan khawatir, anda bisa mengusir hingga membuat nyamuk mati dengan beberapa wewangian dibawah ini.

Geranium

pink petaled flower
Geranium (Crane’s-bill)

Tanaman ini memiliki nama lain tapak dara. Selain memiliki karakteristik yang unik yakni memiliki sensitivitas terhadap hembusan angin. Maka dari itu, akan lebih baik jika anda meletakkan tanaman geranium di dekat ventilasi udara ruangan anda agar aromanya cepat menyebar ke seisi ruangan. Tanaman ini mengandung geraniol dan sitronelol dimana kandungan itu tidak disukai oleh nyamuk.

Kemangi

6 Manfaat daun kemangi sebagai obat herbal yang harus Anda ketahui

Jika biasanya kemangi dikonsumsi sebagai lalapan, namun anda juga harus mengetahui manfaat kemangi lainnya yaitu sebagai pengusir nyamuk. Sebuah studi menunjukan bahwa minyak esensial dari kemangi merupakan racun bagi larva nyamuk. Anda bisa menanamnya di daerah sumber air seperti kolam atau menumbuk kemangi dan beri air yang sudah dimasukkan  ke botol sehingga langsung bisa di semprot di ruangan.

Lavender

person holding flowers

Meskipun tanaman ini memiliki aroma yang harum dan disukai banyak manusia, namun aroma ini di benci oleh nyamuk. Hal ini dikarenakan lavender mengandung zat linalool dan lynalyl, kedua zat tersebut adalah zat yang paling tidak disukai nyamuk. Tanaman ini bisa anda letakkan dalam pot dan di taruh jendala ruangan anda.

Akar Wangi

15 Manfaat Akar Wangi | Banyak Banget Ya, Mau Tanam Juga di Rumah? |  Rumah123.com

Nyamuk pembawa penyakit aedes aegepty (demam berdarah) sangat tidak menyukai tanaman akar wangi. Tanaman ini tidak bisa anda taruh di dalam rumah namun anda bisa menanamnya di pekarangan rumah. Aroma yang tajam keluar dari mulai akar, daun dan kulit menyebabkan nyamuk menjauh. Jika di rawat dengan baik, tanaman ini bisa tumbuh hingga 20 meter.

Rosemary

Close-Up Of Rosemary On White Background

Jika anda memiliki pekarangan yang cukup luas, anda bisa menanam tanaman dengan jumlah yang cukup banyak sebagai pengusir nyamuk. Namun jika anda tidak memiliki space yang cukup untuk menanamnya, anda bisa mengambil sedikit rosemary untuk nantinya di simpan pada vas bunga dan di letakkan di ruangan anda. Tanaman yang beraroma seperti minyak telon dan minyak kayu putih ini bisa bertahan hidup di segala cuaca.

Categories: Article, Health, Home & Living

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.