Waspadai! Kebiasaan Ini Bisa Timbulkan Jerawat di Wajah

Jerawat memanglah sangat mengganggu penampilan, tak hanya itu jerawat pun bisa membuat tingkat kepercayaan diri anda menurun. Biasanya jerawat muncul karena faktor hormonal pada saat sedang melewati masa puber, namun bukan tidak mungkin jerawat muncul pada umur 20-30 tahunan. Sebagian dari anda mungkin merasa bingung disaat anda rajin melakukan skincare namun wajah anda tetap berjerawat, mungkin beberapa faktor ini bisa menjadi penyebabnya!

Menempelkan Handphone Yang Kotor

woman wearing tank top, fitted cap and sunglasses holding a phone on right ear

Jika handphone anda baru saja anda gunakan untuk menelfon, akan besar kemungkinan untuk handphone anda terkena minyak dan keringat. Jika kotoran tersebut tidak dibersihkan sebelum digunakan kembali, tentunya kotoran akan berkembang menjadi bakteri yang tentunya dapat menginfeksi wajah anda dan memicu tumbuhnya jerawat. Disarankan untuk anda harus rajin membersihkan layar handphone dan menggunakan earphone saat melakukan panggilan.

Menggunakan Make Up Secara Berlebihan

Foto stok gratis bergaya, bersantai, dalam ruangan

Jika aktivitas keseharian anda selalu menggunakan make up berhati-hatilah. Karena make up yang berlebihan dengan intensitas penggunaan yang sering akan menjadi penyebab timbulnya jerawat. Untuk meminimalisasi munculnya jerawatpada wajah, anda dapat menggunakan obat jerawat terlebih dahulu sebelum menggunakan make up dan membersihkannya menjelang waktu tidur. Bagi anda yang memiliki kulit berjerawat pilihlah make up dengan label bebas minyak.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Manis

Foto stok gratis 35mm, es krim, film

Anda disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan manis untuk menghindari munculnya jerawat pada wajah. Banyaknya kandungan gula yang terdapat pada makanan manis menyebabkan hilangnya antioksidan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini tentunya menyebabkan kulit lebih rentan terkena bakteri yang menyebabkan kulit meradang dan memicu timbulnya jerawat.

Jarang Mencuci Rambut

woman surrounded by sliced lemons

Kurang memperhatikan kebersihan rambut dan jarang membersihkan rambut bisa menyebabkan jerawat muncul. Orang yang jarang mencuci rambutnya akan memiliki rambut yang kotor, terlebih jika anda yang memiliki karakter rambut tipis, panjang dan berponi akan beresiko lebih tinggi memunculkan jerawat karena rambutnya sering mengenai wajah.

Begadang

Kurangnya jam istirahat juga dapat menjadi alasan timbulnya jerawat terutama di area wajah. Hal ini dikarenakan stress yang muncul setiap kali anda tidak memiliki waktu yang optimal untuk istirahat. Hormon kortisol akan meningkat dan memicu terjadinya peradangan pada tubuh hingga menyebabkan rusaknya struktur dan fungsi kulit jika anda mengalami stress

Categories: Health

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.