Hal-hal Ini Harus Diperhatikan Jika Anda Gemar Memakai Softlens!

Kontak lensa atau sering disebut softlens berfungsi untuk menggantikan kacamata. Namun jika anda memiliki mata yang normal, anda juga bisa menggunakannya untuk membuat tampilan mata anda terlihat lebih cantik. Merawat kontak lensa butuh ke uletan yang tinggi, karena kontak lensa memiliki tekstur yang tipis dan bisa menyebabkan iritasi mata jika softlens tidak dirawat dengan baik. Untuk menjaga agar mata tetap sehat dan tidak terkontaminasi kotoran yang tertempel pada softlens, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk menjaga kontak lensa anda tetap bersih.

Jangan Lupa Melepas Softlens Sebelum Mandi dan Tidur

Foto stok gratis ahli kacamata, alat pembayaran, angkasa

Ketika anda telah menggunakan softlens, anda harus mengingat waktu yang tepat untuk melepasnya. Disarankan untuk membuka kontak lensa pada saat anda akan bersentuhan dengan air seperti mandi, dan berenang. Hal ini tak lain untuk menghindari kuman dan senyawa pada air seperti klorin tidak mengenai softlens anda. Karena jika dibiarkan hal itu bisa menyebabkan mata menjadi iritasi dengan gejala ringan seperti gatal-gatal pada mata.

Mencuci Tangan Saat Akan Memegang Softlens

Foto stok gratis air, bersih, cairan

Kehigienisan pada tangan sangat harus diperhatikan sebelum dan sesusah menggunakan kontak lensa. Disarankan untuk anda menggunakan sabun dan membilasnya hingga bersih, pastikan tidak ada lotion maupun parfum yang tertinggal di telapak tangan. Tidak mencuci tangan terlebih dahulu saat akan menggunakan softlens akan beresiko tinggi memindahkan patogen penyebab infeksi dari jari tangan anda menuju ke mata.

Gunakan Cairan Khusus Pembersih Softlens

Foto stok gratis ahli kacamata, alat pembayaran, angkasa

Menggunakan cairan khusus untuk merawat kontak lensa juga tak kalah penting karena kontak lensa sangat rentan terhadap masuknya bakteri. Terdapat banyak cairan pembersih softlens, namun cairan pembersih yang paling banyak digunakan adalah multi purpose solution. Jangan menggunakan air sulingan atau air kolam karena air tersebut mengandung acanthamoeba yang dapat membuat mata mengalami infeksi.

Memperhatikan Tanggal Kadaluwarsa

10 Cara Membersihkan dan Merawat Softlens Dengan Benar

Tanggal kadaluwarsa adalah batas aman sampai kapan softlens tersebut bisa dipakai tanpa membahayakan kesehatan mata. Kontak lensa yang sudah kadaluwarsa akan dilapisi oleh berbagai debu dan partikel kecil lainnya. Hal itu disebabkan oleh kontaminasi bakteri dan jamur dalam larutan garam steril. Lensa akan menjadi kurang nyaman dipakai jika sudah melewati tanggal kadaluwarsa dan tentunya bisa menyebabkan infeksi pada mata.

Pakai Softlens Setelah Menggunakan Make up

Foto Close Up Wanita Menggigit Bibir Bawahnya

Bagi anda yang sering mengaplikasikan make up pada wajah anda disarankan untuk menggunakan softlens ketika telah selesai menggunakan make up. Ditakutkan jika anda memakai softlens sebelum make up, beberapa produk make up seperti bedak, foundation atau blush on masuk ke dalam mata dan bisa memicu iritasi pada mata.

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.