Gorillaz Merayakan 20 Tahun Mengarungi Industri Musik Dunia.

Pada hari (26/03/2021) tepat perayaan 20 tahun Gorillaz, sejak keempat sosok ‘asing’ ini berkolaborasi bersama hingga kemudian menjadi band virtual terbesar di dunia, lewat rilisan perdana album mereka berjudul Gorillaz pada 26 Maret 2001.

Diciptakan oleh musisi Damon Albarn dan seniman Jamie Hewlett, keempat karakter Gorillaz terbentuk setelah berbagai konflik, pertemuan, dan banyak keberuntungan untuk jadi sensasi di dunia pre-digital lewat kisah yang warna-warni dan aksi virtual yang mencengangkan. Karakter-karakter tersebut adalah 2D (vokalis), Murdoc Niccals (bassist), Russel Hobbs (drummer), dan Noodle, gitaris Jepang yang berbakat.

Bermarkas di London Barat, grup tersebut menciptakan berbagai inovasi musikal dengan banyak kolaborator paling keren. Daftar musisi tersebut termasuk berbagai legenda musik, para jenius, dan bintang-bintang yang akhirnya terkenal, dari Elton John sampai Little Simz, MF Doom sampai Jean-Michel Jarre, Grace Jones sampai slowthai, Kali Uchis sampai Sidiki Diabate, dan masih banyak lagi.

Demi merayakan dua dekade Gorillaz, tahun 2021 ini, mereka akan merilis G Foot Collection terbaru. Koleksi clothing line mereka ini akan diluncurkan ulang untuk merayakan 20 tahun keunikan gaya Gorillaz. Grup ini sekali lagi akan bekerja sama dengan Superplastic untuk rilisan mainan edisi terbatas, dan berbagai koleksi digital.

Selain itu, akhir tahun ini, Gorillaz akan merilis seri pertama beberapa rilisan ulang album yang sangat dinanti. Diawali dengan Gorillaz, album studio yang mengawali segalanya.

Bagian atas Kong Studios, studio Gorillaz, adalah harta karun virtual untuk grup tersebut, sebuah kotak biskuit raksasa untuk ide-ide awal, momen-momen musikal yang deep, berbagai demo, gambar-gambar era awal, serta memori-memori  Gorillaz yang belum pernah dilihat/didengar sebelumnya.

Terinspirasi dari Marie Kondo, Murdoc bakal membereskan atap studio tersebut—menjanjikan kesenangan di hati para penggemar di seluruh dunia dengan rilisan fisik yang sangat spesial, yang berisi banyak harta karun yang sulit diklasifikasi. Detail selanjutnya soal ini segera menyusul.

Berikut ini adalah 7 Album yang dikeluarkan Gorillaz selama 20 Tahun Berkiprah di Kancah Musik Internasional;

Gorillaz jadi fenomena global sesungguhnya, menggapai kesuksesan dengan cara yang baru dan unik, tur keliling dunia dari San Diego ke Syria, Montevideo, Uruguay ke Manchester, serta memenangkan berbagai penghargaaan, termasuk yang diidamkan, Jim Henson Creativity Honor.

Dua puluh tahun pertama Gorillaz betul-betul tanpa henti, berikut beberapa highlights-nya.

  • 7 x album
  • 3 x album kompilasi – G-Sides (2002), D-Sides (2007), The Singles Collection 2001–2011 (2011)
  • 1 x album remix – Laika Come Home (2002)
  • 43 x singles
  • 3 x DVD – Phase One: Celebrity Take Down (2002), Demon Days Live (2006), Phase Two: Slowboat to Hades (2008)
  • 2 x film dokumenter – ‘Bananaz’ (2009), ‘Reject False Icons’ (2019)
  • Lebih dari 175 penampilan live, termasuk festival, di 35 negara, dengan jumlah penonton lebih dari 3,4 juta.
  • Album perdana Gorillaz (2001) meraih triple platinum di Inggris.
  • Demon Days (2005) meraih 6 kali platinum di Inggris.
  • 24 juta rekaman terjual sedunia sampai saat ini.
  • Lebih dari 5 miliar streams sedunia di Spotify.
  • Banyak penghargaan seperti: Grammy Award x 1; MTV Video Music Award x 2; NME Award x 1; MTV Europe Music Award x 3; Billboard Video Music Award x 3; Brit Award x 1; Cannes Lions Festival of Creativity x 1; GAFFA Award (Danish) x 1; GQ Award x 1; Q Award x 4; BT Music Digital Award x 4; UK Music Video Award x 1; Webby Award x 3; BIMA Award x 1; Clio Award x 1; Ivor Novello Award x 1; BMI London Award x 2.
  • Dinominasikan di 11 Brit Awards, serta memenangkan Best British Group di 2018 Brit Awards.
  • Penampilan holografik pertama kalinya di MTV Awards 2005, Lisbon, Portugal bersama De La Soul, sebelum penampilan holografik yang juga fantastik membawakan “Feel Good Inc.” di 48th Annual Grammy Awards bersama Madonna pada tahun 2006.
  • 2 x buku – Rise of the Ogre (2006) and Gorillaz Almanac (2020).
  • Escape to Plastic Beach Tour (2010) – tur Gorillaz pertama yang menjadi awal dari grup ini tampil dengan live band di hadapan penonton.
  • Video musik yang disutradarai Jamie Hewlett, ‘Saturnz Barz (Spirit House)’ menggunakan format video Youtube 360 derajat.
  • 2 x festival musik Demon Dayz pada 10 Juni 2017 at Dreamland, Margate, Inggris, serta di Los Angeles pada Oktober 2018.
  • Song Machine: Live From Kong – menampilan mix animasi dan penampilan live, dinikmati oleh lebih dari satu juta penonton di sekitar 120 negara melalui tiga livestream berbeda, pada Desember 2020.
  • Grup ini dianugerahi The Guinness Book Of World Records sebagai penampil virtual paling sukses di planet ini.
  • The Jim Henson Creativity Honor yang merupakan penghargaan untuk banyak ide dan ekspresi unik dalam hal kreatif, dianugerahkan kepada Gorillaz di tahun 2005.

Categories: Music

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.