Kulit Anda Belang? Cara Ini Ampuh Untuk Meratakan Kulit!

See the source image

Jika anda seharian beraktivitas diluar terlebih jika anda sedang berlibur di daerah yang panas mataharinya sangat terik seperti pantai, ada kemungkinan kulit anda mengalami sunburn. Sinar matahari memancarkan sinar UVA dan UVB yang memberikan dampak yang membahayakan bagi kulit. Jika kulit anda sering terpapar sinar ultraviolet, tentunya ini akan menyebabkan kulit kering, kulit terbakar hingga kanker kulit.

 Saat terpapar sinar matahari, tubuh dengan otomatis memproduksi pigmen melanin untuk melindungi sel yang terganggu oleh radiasi. Sehingga semakin lama terkena sinar matahari, sebanyak sel kulit yang terganggu dan kulit menjadi lebih gelap. Meskipun butuh waktu yang lama untuk meratakan kembali warna kulit setelah terpapar sinar matahari, anda bisa melakukan tips ini untuk ‘menyembuhkan’ kulit belang anda.

Eksfoliasi Kulit

Cara Mudah Melakukan Eksfoliasi Wajah di Rumah - Alodokter

Untuk membuat kulit anda kembali merata, anda haru sering melakukan eksfoliasi kulit. Kegiatan eksfoliasi dapat membuat sel kulit mati terkelupas dan menggantikannya dengan sel baru yang membuat warna kulit menjadi cerah dan merata. Untuk mengeksfoliasi dibagian tubuh, anda bisa menggunakan scrub sedangkan di bagian wajah and bisa menggunakan chemical exfoliator. Namun jangan terlalu sering juga melakukan eksfoliasi kulit karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan tipis, lakukan 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Pentingnya Tabir Surya

See the source image

Menurut penelitian, penggunaan tabir surya tak hanya sekedar melindungi dari bahaya sinar matahari tapi juga berfungsi untuk meratakan warna kulit. Sehingga untuk melindungi kulit anda dari teriknya matahari saat berkegiatan, penggunaan sunscreen dinilai efektif dan mencegah terjadinya sunburn. Sesuaikan SPF sunscreen anda dengan kegiatan yang akan dilakukan, jika kegiatan anda full outdoor dan cuaca sedang terik maka disarankan untuk menggunakan  SPF yang 50++, sedangkan jika anda hanya beraktivitas di dalam ruangan menggunakan sunscreen dengan SPF 30++ pun cukup.

Konsumsi Makanan Yang Mengandung Vitamin C

See the source image

Makanan yang mengandung vitamin C adalah antioksidan yang akan melindungi anda dari penumpukan paparan radikal bebas yang menyebabkan warna kulit anda tidak merata dan penuaan dini. Pentingnya menghindar dari paparan radikal bebas dikarenakan jika tidak, anda akan rentan terkena penyakit kanker dan jantung. Maka dari itu, rajin-rajinlah anda dalam mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin c seperti buah kiwi, jeruk, nanas dan stroberi.

Gunakan Pelembab

See the source image

Selain penggunaan tabir surya, untuk menghindari warna kulit yang tidak merata juga anda harus menggunakan pelembab. Hal ini disarankan karena pelembab dapat menghidrasi kulit agar tidak kering dan juga dapat menyegarkan tubuh. Pelembab digunakan pada bagian wajah dan tubuh agar kelembaban tersebar secara merata.

Memakai Air Beras Sebagai Scrub Alami

See the source image

Air beras memang terkenal sebagai bahan alami untuk merawat tubuh dan kecantikan. Karena beras mengandung ferulic acid dan allantoin yang dapat merawat sekaligus membuat warna kulit menjadi cerah. Gunakan air beras sebagai lulur alami sehingga kulit belang anda dapat kembali merata dan cerah.

Categories: Beauty, Health, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.