Diseases! Waspadai Bahaya Veneral

Gaya hidup yang berlebih dibarengi dengan perilaku yang salah dalam menjalankan sebuah hubungan, tentunya akan berdampak buruk terhadap kesehatan. Perilaku yang dimaksud adalah sikap bergonta-ganti pasangan dalam kegiatan seksual.Jika masalah perilaku tersebut tidak dapat dikontrol, Anda tentunya harus berhati-hati terhadap penyakit yang bernama Veneral Diseases (Penyakit Menular Seksual) bisa menyerang Anda.

Penularan penyakit ini biasanya terjadi karena seringnya seseorang melakukan hubungan dengan bergonta-ganti  pasangan. Bisa juga karena melakukan hubungan seksual yang sebelumnya salah satu pasangan telah terjangkit penyakit ini. Beberapa penyakit menular seksual dspst melalui pengggunaan jarum suntik setelah sebelumnya digunakan oleh orang yang terinfeksi. Penyakit menular seksual juga dapat diturunkan dari ibu ke bayinya dan juga melalui air susu ibu. Sebagian besar penyakit menular seksual ditularkan melalui membrsn mukosa dari penis, vagina, rectum, saluran kemih, mulut, saluran nafas, dan mata.

Penyakit Menular Seksual (PMS) banyak sekali macamnya, untuk mengetahui jenis-jenis tersebut, berikut beberapa PMS yang pada umumnya sering terjasdi :

Herpes Genital

Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1) dan tipe 2  (HSV-2). Herpes terkadang muncul tanpa gejala tertentu, tapi tetap bisa menularkan kepada orang lain. Acydovir (Zovirox) adalah salah satu jenis obat yang dapat meringankan gejala herpes namun tidak dapat menyembuhkan secara total.

Sifilis (Raja Singa)

Gejala sifilis biasanya penderita akan merasakan bengkak tapi tidak terasa sakit di area genital atau anus. Penyakit ini akan semakin menyebar dan berkembang selama 30 tahun. Demam, kerontokan rsmbut dsn kelelahan merupakan gejala lainnya. Sifilis dapat menyebabkan penyakit jantung, kerusakan otak dan kebutaan pada penderita yang sudah parah.

Chlamydia

Penyakit menular seksual yang bisa menyebabkan ketidaksuburan jika tidak segera diobati. Pada pria yang terkena Chlamydia akan merasakan seperti terbakar dan gatal di ujung penis. Saat buang air kecil juga akan terasa sakit.Sedangkan pada wanita, dia akan merasa gatal di area vagina, berbau dan merasa sakit saat berhubungan seks serta buang air kecil.

Gonore

Penyakit yang bisa disebut kencing nanah ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Pada wanita, gonore mudah tumbuh dan berkembang di daerah saluran reproduksi, termasuk leher rahim, uterus dan tuba falopi sedangkan untuk [ria terdapat di saluran urin. Gejala penyakit ini adalah kulit melepuh, rasa terbakar atau gatal saat buang air kecil.

HIV/AIDS

HIV dan AIDS - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter

Ini adalah salah satu penyakit yang paling berbahaya, karena menyerang system imun tubuh. Ketika imun tubuh turun, semua jenis penyakit bisa masuk. Itulah mengapa penyakit AIDS termasuk penyakit yang mematikan. Gejala penyakit HIV itu bermacam-macam , bahkan terkadang penderitanya tidak menyadari bahwa ia menderita penyakit HIV.

Pencegahan yang paling efektif untukb penularan penyakit menular seksual adalah dengan cara mencegah kontak bagian tubuh atau cairan tubuh dari orang yang telah terinfeksi. Sifat setia kepada pasangan juga termasuk cara ampuh terhindar dari resiko penyakit menular seksual. Gunakanlah kondom, jika dirasa Anda adalah seorang yang bebas dan aktif secara aktivitas seksual.

Dan jika Anda mengalami gejala-gejala yang telah diuraikan tersebut seperti muncul kulit penis melepuh, rasa nyeri dan ruam-ruam disekitar alat vital, maka segeralah periksakan diri Anda ke dokter untuk penanganan lebih lanjut lagi.

Categories: Health

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.