Membongkar Rahasia Sukses Presentasi Steve Jobs

Dalam presentasi terutama pada saat mempromosikan produk terbaru apple tidak perlu diragukan lagi, keahlian dari steve jobs yang selalu dinanti oleh masyarakat seluruh dunia. Steve jobs diatas panggung bukan hanya sekadar menerangkan produk, tetapi dapat mengubah cara pandang seseorang terhadap kehidupan. Dari berbagai motivasi kehidupan dalam penampilan steve jobs membjat orang rela mengantre demi meliahatnya presentasi. Apa sesungguhnya rahasia dibalik presentasi dari Steve Jobs ? berikut pembahasannya.

Tentukan Garis Besar Materi

Tentukan terlebih dahulu garis besar materi atau poin utama yang Anda akan sampaikan. Dengan menulsikan ide utama bisa dicatat dikertas dan setelah itu kelompokkan setia poin-poin yang akan dibahas hingga nantinya bisa tersusun dengan baik, termasuk Anda bisa membuat alur ceritanya menjadi lebih hidup. Hal ini bisa coba, tidak perlu poin pembahasan yang banyak, jikalau pun pembahasannya aga panjang, persingkat topik tersebut menjadi 3 poin pembahasan yang penting untuk disampaikan.

Sajikan Visual yang Sederhana dan Mudah Diingat

Pada saat anda menggunakan alat bantu presentasi, salah satunya adalah slide presntasi buatlahg sesimpel mungkin dan agar dipahami oleh audiens Anda, ingat bahwa slide presentasi hanyalah alat bantu presentasi anda bukan isi keseluruhan dari poin yang anda bahas. Jadi cukup cantumkan poin-poin utama yang akan dibahas, selebihnya anda bisa lengkapi dengan gambar akan memperkuat pesan anda terutama secara visual. Biasanya Steve Jobs selalu memberikan kejutan dengan visual yang luar  biasa, bahkan audiens pun terdecak kagum melihat visual yang disuguhkan.

Berikan Data Pendukung

Tujuannya adalah untuk menarik perhatian audiens, dan apa yang anda sampaikan, audienspun bisa jauh lebih percaya karena dengan dilengkapi data yang valid, hal ini pun salah satu kekuatan utama dalam presentasi Steve Job dalam mempromosikan produk terbarunya adalah dengan menyuguhkan data, jadi pesan tersebut diperkuat dengan data, bahkan memperkuat argumen dari apa yang dilontarkan oleh Steve Jobs, sehingga apa yang disampaikan oleh steve job orang-orang pun akan langsung percaya dan yakin dengan apa yang disampaikan.

Jangan Membuat Bahasa Yang Terlalu Berlebihan

Penyampaian pesan yang baik adalah dengan disampaikan secara singkat, padat, dan jelas. Jadi jangan terlalu bertele-tele, terutama banyak jargon yang saking seringnya digunakan menjadikan bosan bagi audiensnya. Dan jangan juga sering mengeluarkan kata-kata yang bosan, misal cerita anda bolak-balik, atautiba-tiba loncat, ataupu terlalu banyak pengulangan kata, sehingga audiens menjadi bosan dan jenuh mendengarkan anda presentasi.

Lakukan Kontak Mata, Suara Yang Mantap, Dan Gestur Tubuh

Pada saat anda presentasi semua perhatian audiens dan mata audiens tertuju pada anda, maka anda harus bisa menampilkan yang terbaik agar mempunyai kesan tersendiri di benak audiens. Kekuatan lainnya dalam presentasi steve jobs adalah kemampuan kontak mata, suara yang khas, dan gestur tubuh yang mempunyai daya tarik sendiri bagi audiens yang melihat, pada intinya hal ini bagian dari untuk bagaimana menguasai panggung. Hal ini bisa anda latih dengan menguasai materi, melatih teknik delivery intonasi, artikulasi, power, tempo, dan teknik lainnya.

Categories: Work

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.