Tips Menghemat Penggunaan Paket Data Internet

Jika Anda menggunakan smartphone maupun tablet, tentu Anda sudah tak asing lagi dengan layanan chatting, social media, download, multimedia streaming, dan segudang layanan lainnya yang mengandalkan internet. Saat ini internet merupakan faktor pendukung utama bagi kinerja perangkat mobile, bisa dibilang bahwa tanpa koneksi internet maka smartphone dan tablet tidak dapat berfungsi dengan optimal. Seringkali terjadi, pengguna kehabisan kuota atau melewati batas FUP (Fair Usage Policy) dengan cepat karena tidak berusaha untuk menghemat penggunaanya. Berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menghemat penggunaan data internet pada smartphone dan tablet

Maksimalkan Wifi

Untuk aktivitas yang menggunakan data dalam jumlah besar seperti streaming, download, dan meng-install aplikasi, serta update aplikasi, gunakan wifi semaksimal mungkin. Anda bisa memanfaatkan wifi gratisan yang ada di tempat umum, jika memungkinkan anda juga bisa memasang jaringan internet dirumah anda.

Hindari Streaming

Media streaming adalah hal yang paling banyak menghabiskan kuota internet. Sebagai gambaran, streaming sebuah klip video berdurasi 5 menit di Youtube bisa menghabiskan kuota sebesar 15-30MB, jika rata-rata dalam 1 hari anda menonton 5 video dalam 1 bulan anda bisa menggunakan kuota internet hingga 4,5GB! Maka agar menghemat kuota, sebaiknya anda menggunakan jaringan wifi untuk melakukan aktivitas streaming dan download.

Gunakan Tethering Hanya Saat Darurat

Mengaktifkan tethering alias membuat personal wifi hotspot untuk laptop anda akan menghabiskan kuota dalam jumlah yang besar. Sebaiknya hindari mengaktifkan fitur ini terlalu sering, hal ini disebabkan oleh perbedaan besarnya ukuran file yang dibutuhkan oleh pc/laptop/tablet ketimbang smartphone.

Tentukan Batas Maksimal Penggunaan

Jika menggunakan perangkat berbasis Android, anda dapat mengatur batas penggunaan data sehingga muncul peringatan pada saat penggunaan data internet sudah mendekati batas. Bahkan beberapa merek ponsel dapat mengatur agar koneksi internet mati saat sudah melewati batas penggunaan yang ditentukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.