Cara Agar Mendapatkan Gaji Untuk Seumur Hidup

Apakah memang benar bisa untuk mendapatkan gaji selamanya ? yang pasti bisa, karena semua akan ada jalannya. Mungkin ini menjadi peringatan untuk kita bahwa pada akhirnya kita semua tidak bisa bekerja selamanya, ada kala kita pun harus pensiun dalam pekerjaan. Yang menjadi pertanyaan adalah Kalau misalnya kita sudah tidak bekerja bagaimana agar tetap mendapatkan penghasilan ? salah satu jawabannya adalah dengan menyiapkan “Dana Pensiun” karena bagaimanapun tidak semua profesi akan mendapatkan fasilitas tunjangan pensiun yang biasanya didapatkan oleh para pegawai negeri sipil, mau tidak mau kita sendirilah yang harus mempersiapkannya.

Terutama untuk anda yang masih di usia produktif dan lagi semangat-semangatnya dalam menjalankan pekerjaan, punya keinginan juga untuk terus mengembangkan diri. Lebih cepat lebih baik untuk anda memulai mempersiapkan dana pensiun. Lalu cara apa yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan dana pensiun ?

Rules of 4%

Sudah pernah mendengar tantang aturan ini ? aturan ini di populerkan atau dikenalkan oleh Raditya Dika, yang dalam satu unggahan YouTubenya menjelaskan tentang perencanaan dana pensiun yang dilakukan, lalu langkah apa saja yang harus dilakukan juga dipersiapkan tentu hal ini menjadi referensi untuk menyiapkan dana pensiun di usia yang akan datang.

Dimulai dari sebuah pertanyaan, Kapan rencana anda akan pensiun dalam pekerjaan ? apakah usia 50, 55, atau 60 tahun ? tuliskan saja terlebih dahulu. Jadi untuk memulai kita harus visioner mulai dari sekarang, dan jika sudah ada gambaran, termasuk kebayang angkanya, rencana dan strateginya dapat dipastikan semua akan berjalan dengan lancar.

Untuk konsepnya tersendiri sanga sederhana, jadi selama masa produktif anda selalu mensisihka dana untuk masa pensiun, begitu sudah terkumpul, dana tersebut bisa anda alokasikan ke instrumen investasi yang menghasilkan return, bagian ini akan menjadi passive income anda. Sehingga dari hasil investasi tersebut dapat memenuhi kebutuhan hidup saat kita pensiun.

Saatnya Berhitung

Misal, anda berencana pensiun di usia 60 tahun, diusia ini sebenarnya anda masih memiliki energi dan banyak pengalaman, jadi saran jika bisa jalani hobi anda atau selalu mengisi dengan kegiatan yang positif, termasuk alangkah lebih baiknya anda bisa menceritakan pengalaman anda kepada anak-anak muda agar dapat memberikan inspirasi kepada anak-anak muda. Tapi kita kan tetap coba untuk mensimulasikan misal anda pensiun di usia 60 tahun. Adapun target untuk biaya hidup yang layak misal diangka 5 juta per bulan. Maka dengan rule of 4% ini, setidaknya anda mengumpulkan dana pensiun sebesar :

Biaya hidup pensiun perbulan x 12 bulan (100 : 4%) atau dalam hitungannya 5 x 12 x 25 = 1.500.000.000

Jadi,mulai sekarang anda harus mengumpulkan dana pensiun sebesar 1,5 milyar sebelum anda menginjak usia 60 tahun.

Alasan Mengapa 4% ? karena angka tersebut dianggap sebagai angka rata-rata return sebuah investasi dengan resiko yang minimal. Anggap saja, dimanapun anda berinvestasi, setidaknya anda bisa dapat return 4%, dan jika nantinya bisa mendapatkan return yang lebih tinggi, maka tinggi juga return yang bisa anda nikmati di masa pensiun.

Intinya semakin cepat anda memulai semakin bagus, dengan kesiapan dana kita untuk menghadapi masa pensiun, setidaknya kita bisa terhindar dari resiko kehabisan dana saat kebutuhan mendesak datang, karena hal ini seringkali terjadi pada kita, dan penyebabnya adalah kurangnya kemampuan kita dalam mengelola keuangan yang kita miliki. Tapi mumpung anda masih berada dalam usia produktif, jadi terus semangat bekerja dan berkaryanya.

Categories: Uncategorized, Work

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.