Tips Membaca Buku Agar Mudah Paham Dan Konsisten

Setiap orang pasti mempunyai waktu yang berbeda dalam menyelesaikan bacaan bukunya, tergantung dari kemampuan kita membaca dan mempelajari setiap isi bukunya. Tetapi yang terpenting pada saat anda membaca buku anda dapat memahami inti dari pin-poin dalam buku tersebut, jadi bacalah yang menurut anda hal tersebut di butuhkan, dan related dengan kehidupan di zaman sekarang. Karena sering kali orang memaksakan untuk membaca semuanya, terkecuali mungkin memang anda sangat gemar untuk membaca, tidak terlalu masalah, tapi untuk anda yang ingin memulai untuk rajin membaca lakukan secara bertahap dan carilah buku yang anda sukai.

Lalu seperti apa cara atau Tips Membca Buku agar mudah paham dan tetap konsisten berikut pembahasannya untuk anda.

Harus Pasang Target

Buat target misaldalam harian, mingguan, ataupun bulanan. Seperti dalam harian berapa halaman buku target anda yang harus dibaca, atau anda mengalokasikan untuk membaca berapa jam sehari, dan tentukan juga waktu yang tepat misal apakah sebelum tidur, setelah bangun pagi, atau di jam siang. Semua hal tersebut tergantung dari kenyamanan diri anda. Kalaupun rekomendasi waktu yang paling pas biasanya 1 jam sebelum anda tidur. Dan untuk Buku yang anda baca sesuaikan dengan yang anda butuhkan.

Jangan mengulang Kata Yang Sudah di Bacakan

Membaca buku tentu perlu konsentrasi yang tinggi agar kita fokus dan bisa cepat paham dengan isi buku tersebut, namun seringkali kita terpengaruh oleh hal-hal yang menganggu konsenstrasi kita, maka anda harus mengkodisikan hal ini dengan sebaik mungkin. Jadi tetap baca setiap kalimat dalam buku tersebut, da jika ada sesuatu hal yang kurang paham tandai kata tersebut.setelah itu anda bisa mencari tau apa maksud dari kata yang masih kurang paham.

Pasang Timer dan Eliminasikan Waktu

Ini adalah untuk mengukur seberapa kuat anda dalam membaca buku untuk satu waktu, misal anda pada saat membaca buku atau batas konsentrasinya adalah 15 menit, maka anda bisa muai setiap kali membaca selama 15 menit kemudian anda bisa istirahat sejenak. Dan melanjutkan lagi bacaan selama 15 menit. Lakukan hal ini juga secara perlahan jangan terlalu memaksakan yang terpenting berproses.

Beri Penanda

Beri tanda pada buku tersebut yang dirasa kata-kata yang penting, bisa menggunakan pulpen, lalu garis bawahi, atau stabilo, spidol dan lainnya, tergantung dengan selera anda, atau jika anda tidak ingin mencoret-coret bukunya tandai di handphone, ataupun tulis di buku catatan anda, dan cukup tulis halaman nya saja juga garis besarnya apa, karena jika nanti anda membutuhkan hal tersebut anda bisa langsung cek di note anda, untuk melihat halaman ke berapa.

Tambah Kosa Kata atau Pembendaharaan Kata

Orang-orang yang sudah membaca buku biasanya lebih banyak pilihan kata ketika nanti misal akan presentasi, karena jika anda ingin menambah pembendaharaan kata selain sering ngobrol adalah dengan membaca buku, semakin banyak kosa kata dalam pikiran kita, maka akan memudahkan berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang-orang, dan pesan yang kita sampaikan pun bisa dipahami atau lebih mudah untuk dimengerti.

Categories: Article, Uncategorized, Work

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.