Anda Sulit Tidur? Cara Ini Akan Ampuh Untuk Atasi Insomnia!

Normalnya bagi orang dewasa istirahat optimal yaitu selama 7-9 jam, namun pernahkah anda mengalami sulit tidur padahal sudah lewat dari tengah malam? Dan kesulitan tidur tersebut terjadi secara berulang-ulang, bisa jadi anda mengalami insomnia. Kesulitan tidur disebabkan oleh banyak hal, bisa oleh masalah emosional yang berat hingga faktor eksternal yaitu adanya kebisingan di tempat sekitar. Namun, adapun hal-hal yang bisa anda lakukan untuk meminimalisasi kesulitan tidur yang anda alami:

Mengurangi Kafein

Mengonsumsi kafein dapat menyebabkan susah tidur karena dapat memblokir kimia pengontrol tidur di otak. Selain itu juga, kafein dapat meningkatkan hormon adrenalin yang mengakibatkan mata tetap terjaga. Selain mengonsumsi minuman yang berbahan kafein, anda juga harus menghindari mengonsumsi teh dan minuman energi lainnya. Tak heran jika kopi biasa di konsumsi orang-orang pada pagi hari untuk menambah stamina dalam tubuh. Begitu masuk ke dalam tubuh, kafein bisa bertahan beberapa jam.  

Olahraga

Jika anda sudah terlanjur terlalu banyak mengonsumsi kafein sehingga mengganggu jam tidur anda, cobalah untuk berolahraga ringan. Olahraga merupakan penyaluran energi positif seperti menggerakkan badan sebelum tidur. Namun anda harus tetap memperhatikan kadar ringan atau beratnya aktivitas olahraga yang dilakukan karena aktovotas fisik yang berat justru bisa meningkatkan suhu tubuh dan rentan membuat seseorang semakin sulit beristirahat. Jadi disarankan untuk anda melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki keliling rumah atau hanya sekedar melakukan peregangan.

Batasi Tidur Siang

Meskipun tidur siang dirasa dapat mengcover jam tidur malam yang kurang, namun nyatanya tidak selalu demikian. Hal yang sangat penting bagi anda untuk mempertahankan pola dan kualitas tidur yang baik dan tidak terlalu berlebihan dalam melakukan istirahat pada siang hari karena pada malam harinya tidur anda akan terganggu dan terus berulang di hari-hari berikutnya.

Hindari Makan&Minum Sebelum Tidur

Khususnya bagi anda yang memiliki riwayat penyakit gastroesophageal reflx (GERD) atau maag dianjurkan untuk menghindari aktivitas makan dan minum tepat sebelum tidur karena hal ini dapat memperburuk keadaan anda. Selain itu minum banyak cairan pada sebelum tidur tentunya akan membebani kantung kemih anda, sehingga anda akan sering ke kamar mandi dan itu akan membuat tidur anda terganggu.

Categories: Health, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.