Cara Untuk Menghadapi Toxic Parents

Setiap orang tentunya mempunyai masalah nya tersendiri, terutama yang berkaitan dengan relationship, yang hadir dalam lingkungan keluarga, pertemenan, dan kehidupan sosial lainnya. Namun sebelumnya perlu diingat bahwa setiap masalah yang anda hadapi hadir dengan solusi yang berbeda-beda. Terutama dalam lingkup keluarga banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari karakter orang tua, kemampuan serta umur anak, kondisi lingkungan, dan banyak faktor lainnya yang mempengaruhi cara menghadapi masalah seperti ini.

Dalam menghadapi Toxic parent memang bukanlah persoalan hal yang mudah, karena setiap anak pastinya akan menghadapi orang tua mulai dari menyamakan persepsi, memahami masing-masing keinginannya yang seringkali bertentangan antara satu dengan lainnya, padahal keduanya mempunyai niat yang baik terutama memilih yang terbaik untuk ke depannya.

Pastinya interaksi akan berlangsung secara intens sehingga potensi dalam menrima perilaku hal yang negatif akan semakin tinggi, yang biasanya menjuruskan pada sebuah pertentangan karena tidak mempunyai pemahaman yang sama. Jika anda mengalaminya berikut cara menyikapi toxic parents sebagai berikut.

Tidak Perlu Berusaha untuk Mengubah mereka

Yakinkan dalam diri anda seperti ini : “Apapun hal yang buruk yang mereka lakukan,itu karena mereka tidak merasa bahagia dengan diri mereka. Bukan karena kesalahanku. Aku tidak punya kendali untuk merubah mereka, tapi aku punya kendali terhadap apa yang aku izinkan untuk diterima dan tidak”. Terkadang energi akan habis jika memaksakan apa yang sebenarnya belum tentu kita bisa ubah, jadi ubahlah apa yang bisa kita ubah yaitu mulai dari sendiri, bagaimana pun jika anda memaksa mengubah keadaan, yang ada anda hanya menaruh rasa kekecewaan karena apa yang anda harapkan tidak sesuai dengan yang anda inginkan

Carilah Support System Yang Dapat anda Percaya

Tujuannya adalah untuk menyalurkan emosi yang anda rasakan atau bahkan mencari temen anda, keluarga terdekat, dan psikolog. Jika anda tidak dapat menghubungi siapapun cobalah untuk menulis jurnal sebagai sarana untuk menyalurkan perasaan anda di hari itu juga. Adapun untuk porses jangka panjang, anda dapat menyiapkan diri secara mental dan finansial untuk hidup secara mandiri. Jadi persiapkan diri anda anda harus bisa hidup mandiri, dan bersiap unutk menhadapi berbagai masalah, jadi jangan berharap segala apapun menjadi baik-baik saja dan tidak akan ada masalah, tapi berharaplah bahwa kita sudah siap unutk menghadapi masalah apapun.

Berdayakan diri anda dengan skill dan ilmu yang luas

Anda harus mulai menyibukkan diri, isilah dengan kegiatan yang positif, yang bisa membantu menumbuhkan potensi yang ada dalam diri anda, agar nantinya anda bisa berdiri dengan kaki sendiri, percayalah jika anda sudah sukses semua orang akan menghormati anda bahkan orang yang dulunya merendahkan anda, meragukan, dan menjatuhkan, seketika akan menghargai anda, jadi cara elegan untuk membalas orang-orang yang meragukan atau menjatuhkan, adalah dengan menunjukan kesuksesan anda, tapi jangan terlalu berlebihan apalagi harus menyindir balik, tetap fokus dengan apa yang anda jalankan.

Categories: Love Life, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.