Tips Mengatur Keuangan Ala Orang Jepang

Di Zaman Sekarang yang serba canggih serta dimudahkan, terutama penggunaan kebutuhan atau keinginan dengan online, menjadi sebuah kendala yang dihadapi dalam mengatur keuangan. Mulai dari promo, cashback, diskon, dan hal yang menggiurkan lainnya, tanpa disadari banyak sekali dari kita berbelanja melebihi budget yang tersedia, terutama sampai menyampingkan kebutuhan utama. Mungkin ada baiknya untuk kembali ke cara tradisional dalam mengatur keuangan, agar finansial anda bisa tetap seimbang.

Tentu sudah seharusnya anda lebih memperhatikan keuangan anda terutama bagaimana cara mengaturnya, ada beberapa cara yang anda bisa lakukan, cara ini merupakan cara yang digunakan oleh orang-orang jepang, yaitu kakeibo, seni mengatur uang ala orang jepang. Perlu diketahui masyarakat disana mempunyai standar hidup yang tinggi, dapat mengatur, dan menabung lebih dari 35% dari pendapatan yang mereka peroleh. Lalu apa rahasia orang jepang dalam mengatur keuangan ? berikut Tips yang anda bisa lakukan, dan jangan lupa langsung dipraktekkan.

Siapkan Peralatan Alat Tulis Untuk Mencatat Pendapatan, Tabungan, Dan Pengeluaran

Pengeluaran Untuk Metode kakeibo membutuhkan 2 buah buku tulis untuk mencatat rencana dalam finansial. Buku yang pertama digunakan untuk mencatat rencana, Pendapatan, dan tabungan. Sedangkan untuk buku kedua digunakan untuk mencatat, kebutuhan atau pengeluaran sehari-hari. Diharuskan buku ini dibawa kapanpun dan dimanapun sehingga tidak akan lupa untuk mencatat setiap. pengeluaran.

Hitunglah Pendapatan Perbulan

Hitunglah berapa pendapatanmu di setiap bulan. Termasuk pendapatan yang bersifat sidejob, hal ini tentu untuk menyesuaikan antara pemasukan dan pengeluaran, juga usahakan pengeluaran lebih sedikit dari pendapatan, walaupun pendapatan anda bertambah, bukan berarti pengeluaran pun ikut bertambah.

Buat Target Berapa Banyak Yang Ingin Ditabung

Salah satu Tahap yang paling penting untuk mnerapkan metide kakeibo. Terutama jika ingin cepat mendapatkan barang impian atau mempunyai tabungan yang banyak termasuk dana darurat. Caranya adalah tentukan berapa banyak yang ingin anda tabungkan dalam sebulan. Karena dengan menentukan target diawal, anda dapat menentukan sisa pendapatan yang bisa dibelanjakan, sehingga kita mengetahui batas finansial kita.

Buatlah Batas Pengeluaran Per Bulan

Prioritaskan keuangan anda untuk kebutuhan, dengan mencatat terlebih dahulu apa saja kebutuhan yang anda perlukan. Setelah itu Kurangi pendapatan dengan jumlah yang ingin ditabung, kemudian kurangi lagi sisa uang tadi dengan pengeluaran pasti, seperti uang sewa rumah, cicilan, dan lain lain. Setelah itu didapatkanlah sisa uang yang dapat dibelanjakan.

Evaluasi Rencanamu Di Akhir Bulan

Setelah 1 bulan berlalu, evaluasi bagaimana rencana sebulan ini berjalan. Cari tau beberapa hal berikut diantaranya, Apakah target menabung tercapai ? Kategori apa yang menjadi pengeluaran terbesar ? Apakah mungkin untuk menekan pengeluaran di kategori tersebut ? sudah bisa terjawab. Dengan mengetahui 3 hal ini,  dapat merencanakan budget dengan lebih akurat di bulan berikutnya. Sehingga keuangan anda akan tetap stabil.

Jadi itu dia tips bagaimana cara mengatur keuangan ala Orang jepang, yang terpenting anda harus dapat mengendalikan diri, disiplin dalam penerapannya, dan usahakan mencari penghasilan lainnya, dan tidak berfokus pada satu sumber penghasilan.

Categories: Uncategorized, Work

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.