Cara Simpel Memotret Dengan Handphone Untuk Hasil Terbaik

Pada saat ini teknologi handphone sudah semakin berkembang secara pesat, terutama pada Kamera yang terdapat pada Handphone sehingga saat ini orang-orang cukup menggunakan handphone untuk mengabadikan setiap momen-nya, hampir semua sudah tersedia berbagai fitur yang diperlukan untuk Fotografi sudah lengkap dalam satu genggaman. Namun secanggih-canggihnya handphone yang anda miliki, tentu anda harus memahami konsep dari Fotografi terutama menguasai dasar-dasar fotografi mulai dari pencahayaan dan pengaturan pada kamera handphone.

Kunci dari Fotografi terletak pada pencahayaan, sedangkan alat yang anda gunakan sebagai alat pendukung, jadi tidak terlalu memiliki handphone yang mahal, yang terpenting anda memahami terlebih dahulu dari konsep Pencahayaan. Intinya carilah objek yang memiliki pencahayaan, sesuaikan posisi anda pada saat mengambil objek dan selain itu ada beberapa hal ang harus anda perhatikan ketika akan memotret menggunakan Handphone, berikut Pembahasannya.

Mengatur ISO

ISO adalah untuk mengatur seberapa besar cahaya yang masuk kedalam lensa kamera. Terutama untuk kepekaan kamera terhadap intensitas cahaya. Usahakan gunakan ISO pada angka yang paling rendah, misal 100-400. Dengan menggunakan ISO rendah saat mengambil gambar, hasil foto akan menghasilkan foto yang benar-benar sangat detail. Tentu ISO ini harus disesuaikan dengan objek yang dipotret atau pencahayaan pada sebuah Objek dan sekitarnya. , karena semakin tinggi ISO yang digunakan maka foto akan nampak banyak noise. Namun pengaturan ISO akan berubah sesuai kondisi lapangan. Menyesuaikan intensitas cahaya di sekitar kita.

Hindari Memakai Fitur Zoom

Sebaiknya anda menghindari fitur zoom. Karena objek yang akan anda ambil nantinya akan terlihat pecah-pecah dan blur. Jika objek yang di potret jauh, usahakan anda dekatkan dengan objek yang akan anda potret, agar nantinya tetap menjaga keseimbangan komposisi gambar. Termasuk jika ingin mengambil angel close up lebih baik kamera anda didekatkan dengan Objek. Hal ini tentu untuk menghindari gambar menjadi blur, walaupun saat ini beberapa handphone sudah mempunyai pixel yang sangat tinggi, bahkan bisa divariasikan sesuai dengan kebutuhan, tetapi jika di zoom terlalu tinggi maka masih ada kemungkinan gambar tersebut pecah.

Gunakan Mode Manual

Usahakan selalu menggunakan Mode Manual, agar kita bisa menyesuaikan dengan kondisi lingkungan, dan objek yang kita akan potret, sehingga kita tau apa saja pengaturan yang pas walaupun menghadapi situasi yang berbeda-beda. Dan pastikan juga komposisi gambar yang anda potret harus sesuai, mulai dari pencahayaan, pengaturan ISO, lalu biasanya di beberapa kamera handphone terdapat Shutter Speed yang merupakan seberapa cepat cahaya yang masuk kedalam lensa kamera handphone, pastikan anda manfaat kan setiap fitur yang terdapat pada kamera anda.

Gunakan Tripod

Memotret menggunakan bantuan tripod handphone setidaknya akan membantu anda untuk menghasilkan gambar ciamik dari getaran. Karena tangan manusia cenderung bergetar, apalagi pada saat memegang barang terutama handphone jadi untuk meminimalisir gambar yang blur atau karena pergerakan dari tangan kita pada saat memotret, walaupun saat ini beberapa handphone sudah dilengkapi juga dengan fitur stabilizer yang akan menyesuaikan dengan pergerakan kita, tetapi tetap saja alangkah lebih baiknya menggunakan tripod pada saat memotret.

Itu dia Tips untuk anda bagi yang tertarik pada dunia fotografi, dan suka mengabadikan momen-momen langka atau momen istimewa anda. Tentu dengan menggunakan handphone  yang saat ini anda gunakan sudah cukup bagus untuk bisa dimanfaatkan. Namun untuk anda yang tertarik lebih pada dunia fotografi tidak salahnya menyisihkan uang anda untuk membeli kamera digital seperti DLSR, Mirroles, dan jenis kamera digital lainnya. Jangan lupa juga manfaatkan keahlian anda dalam fotografi untuk menghasilkan uang tambahan untuk anda.

Categories: Gadget, Hobby, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.