Menjelajahi Gunung Puntang, Di Temani Dengan Rasa Kopi Terbaik Sejagat Raya

Keindahan pegunungan di daerah Bandung Selatan, kawasan Cimaung, banjaran Kabupaten Bandung yang tak kalah menariknya untuk anda sambangi, salah satunya Gunung Puntang. Gunung ini sudah lama dikenal lama, karena sangat wajib untuk di kunjungi oleh para pecinta alam, kawasan wisata gunung puntang merupakan lembah hutan pinus berhawa sejuk, bagi anda yang datang ke tempat ini biasanya menghabiskan waktu dengan menikmati keindahan alam dan kesejukan udara pegunungan, atau bermain di sungai, melihat air terjun dan melakukan aktifitas berkemping.

Gunung Puntang mempunyai puncak yang berketinggian 2.223 Mdpl yang dinamakan Puncak Mega Puntang. Bila cuaca sedang bagus, Anda akan melihat pemandangan yang menyegarkan mata. Bila malam hari, lampu-lampu rumah dibawah gunung dan kota Bandung membuat suasana semkain indah dan romantik. Namun, bila cuaca sedang tidak baik, kadang pemandangan terhalang kabut tipis.

selain itu tersedia beberapa tempat untuk camping untuk anda bermalam disana, jadi tempat ini sangat pas juga bagi para pendaki pemula, terutama tempat ini sudah dilengkapi fasilitas yang lengkap untuk menunjang kebutuhan dari para pengunjung, termasuk jalur-jalur yang semula tertutup kini sudah dibuka, jadi sudah disiapkan jalur bagi para pejalan kaki.

Dan jangn lupa, sambil menemani kegiatan anda disana, kini Puntang mempunyai rasa kopi terbaik sejagadraya bahkan pernah di nobatkan sebagai kopi terbaik di dunia. Dan laris manis di pasar Eropa dan dunia. Di Jawa Barat sendiri, biki kopi di Gunung Puntang telah dibudidayakan secara fokus sejak tahun 2007. Dengan lahan seluas 270 hektar untuk perkebunan kopi dan terdapat sekitar 180 petani.

Adapun untuk pengolahan kopi puntang seluruhnya berasal dari orang-orang lokal atau masyarakat sekitar. Sehingga mereka lebih mengetahui bagaimana cara mengolahnya. Dan ciri khas apa yang di tampilkan kopi tersebut. termasuk karakter pada kopi ini rasanya lebih manis dari kopi kebanyakan.jadi sangat cocok untuk dikomsumsi bagi mereka yang senang menjelajah rasa untuk mencicipinya. Dan ketika dicicip, notes karamel dan seri langsung terasa di lidah.

Untuk rasa yang unik dan membedakan dari kopi lainnya bukanlah hal yang di sengaja ternyata tingkat dari pH tanah berada di kisaran 5,6-6 membuat perkebunan kopi ini bisa tumbuh dengan baik. Kehadiran tanaman penaung juga intensitas cahaya yang pas, membuat biji kopi menjadi kaya rasa.

Dan untuk anda yang ingin mengunjungi lokasi perkebunan kopi Gunung Puntang, sebaiknya dilakukan sebelum sore hari, agar nantinya mendapatkan kesempatan berkeliling kebun secara puas. Tapi perhatikan juga cuaca pada saat berkunjung, terutama pada buan ini sedang memasuki musim penghujan, jadi anda bisa mempersiapkan diri, atau jika berdasakran prakiraan cuaca akan hujan, lebih baik diatur kembali berkunjung ke tempat tersebut.

Nantinya pun para pejalan akan diherankan pada saat melihat pohon kopi, dan terkejut ketika melihat buah kopi yang ranum, berwarna merah layaknya buah ceri. Anda pun berkesempatan untuk memetik kopi tersebut khususnya biji kopi yang sudah merah, sekaligus ikut membersihkan batang yang tumbuh di sisi-sisinya.

Masih bisa menikmati Biji kopi, anda bisa melihat secara langsung proses pengolahan biji kopi hingga menjadi siap minum. Dan jangan lupa untuk mencicipi berbagai jenis kopi pastinya ini tidak boleh anda lewatkan. Dan satu hal lagi untuk anda yang ingin mencicipi sensasi rasa dari kopi puntang nantinya akan diajari terlebih dahulu bagaimana mencicipi yang benar, agar orisinalitas rasa dari masing-masing kopi, dapat anda nikmati. Tentu rasanya akan mengalahkan dari berbagai kedai kopi yang anda pernah kunjungi. Selamat menikmati dan dukung terus berbagai produk Indonesia.

Categories: Culinary, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.