Tidak Perlu Mahal, Anda Bisa Menjadi Traveler Dengan Metode Hitchhiking!

See the source image

Ada banyak pertimbangan saat anda akan melakukan explore suatu daerah atau melakukan travelling. Utamanya adalah budgeting, beberapa dari anda mungkin kelimpungan untuk mengatur keuangan pada saat akan melakukan traveling. Karena ada beberapa hal yang mengeluarkan budget yang tidak sedikit seperti hotel dan transportasi. Namun anda bisa mencoba travelling dengan metode hitchhiking, dimana anda cukup mengacungkan jempol untuk menggunakan transportasi dengan menumpang. Dengan begitu anda mengeluarkan biaya Rp.0,- untuk biaya transportasi. Namun sebelum anda melakukannya, ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan, diantaranya:

Tetap Waspada Karena Anda Akan Menumpang Pada Strangers

Disarankan untuk anda agar tidak melakukan travelling dengan metode hitchhiking ini sendirian. Yang perlu diperhatikan adalah jika dua orang yang melakukan hitchhiking ini merupakan satu laki-laki dan satu perempuan pastikan hitchhiker perempuan duduk di dekat pintu dan hitchhiker laki-laki duduk disamping supir. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan. Jika anda melakukannya pada malam hari, pilihlah tempat terang sebagai pemberhentian agar menjadikan simbol bahwa anda sedang membutuhkan tumpangan.

Cari Jalan Yang Senggang Agar Tidak Terjadi Macet

Hitchhiking - The Mix

Untuk memberhentikan kendaraan yang akan anda mintai tumpangan, anda harus menghindari jalanan yang ramai. Karena jika anda memberhentikan kendaraan ditempat yang ramai tentunya akan rentan terjadi kemacetan. Selain itu juga harus menghindari tanjakan atau turunan saat memberhentikan kendaraan, karena tidak semua mesin kendaraan bisa kuat berhenti pada kondisi jalan seperti itu dan juga tidak semua kendaraan melihat adanya kehadiran kita pada saat melaju kencang di turunan.

Peraturan Tidak Tertulis Yang Harus Dipatuhi

Jangan lupa untuk melakukan 3S (senyum, salam, sapa) pada saat telah mendapatkan tumpangan, karena itu merupakan bentuk dari tanda terima kasih karena telah diberikan tumpangan. Agar kendaraan yang lewat bisa memberikan tumpangan, anda harus menuliskan tempat tujuan anda menggunakan papan atau kardus dengan ukuran sedang. Selain itu untuk masalah pakaian juga tentunya sangat penting, karena bagaimana kita bisa memberikan first impression yang baik kepada pengemudi, dan tentunya hindari penggunaan pakaian yang kurang sopan seperti celana bolong-bolong. Anda juga tidak disarankan untuk tidur selama perjalanan, dan akan lebih baik mengajak ngobrol pengemudi agar suasananya cair.

Menyediakan Peralatan Yang Dibutuhkan

Ada beberapa hal yang harus anda siapkan saat melakukan hitchhiking beberapa diantaranya adalah Maps, Powerbank dan Alat tulis. Untuk mengetahui destinasi yang akan anda tuju apakah sudah dekat ataukah masih jauh anda membutuhkan maps atau peta untuk mengetahuinya. Anda bisa menggunakan google maps ataupun peta manual, sesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu juga anda membutuhkan powerbank sebagai amunisi baterai handphone anda agar tetap bisa menghubungi nomor darurat jika terjadi hal yang tidak diinginkan ataupun untuk penggunaan penunjuk arah. Anda juga akan membutuhkan alat tulis seperti kertas dan spidol untuk membuat papan guna menunjukan tempat yang akan dituju.

Categories: Hobby, Traveling, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.