Apakah Anda Termasuk Ekstrovert? Yuk Kenali Ciri-cirinya!

Sifat ekstrovert yang memiliki kekuatan dominasi yang sangat melekat menjadikannya mudah dikenali banyak orang. Kepribadiannya yang bersemangat dan ramah biasanya membuat orang-orang senang apabila disekitarnya. Perlu diketahui, yang paling menjadi ciri dari seorang ekstrovert adalah semakin ia berinteraksi dengan orang, akan semakin berkembang. Singkatnya, seorang ekstrovert akan mendapatkan energi Ketika ia sering berada di suatu kelompok dan berinteraksi dengan orang luar. Berbeda dengan introvert yang lebih banyak membutuhkan waktunya untuk menyendiri, seorang ekstrovert akan menjadikan suatu kelompok/orang lain sebagai sumber energinya. Berikut merupakan ciri-ciri ekstrovert yang perlu anda ketahui!

Anti Menyendiri

Seperti yang anda ketahui, perbedaan ekstrovert dan introvert adalah bagaimana mereka menghabiskan waktunya sendiri. Jika seorang introvert membutuhkan ruang Ketika mereka berada dalam keramaian, seorang ekstrovert justru akan mencari tempat ramai ketika ia merasa sedang sendiri. Para ekstrovert merasa energinya akan terkuras jika terlalu lama menyendiri dan tidak berinteraksi dengan orang. Mereka akan senang jika memperluas jaringan pertemanan mereka, maka dari itu mereka akan sering mengikuti aktivitas di luar seperti mengikuti organisasi ataupun sekedar melakukan hobi mereka. 

Tidak Takut Ambil Resiko

Bukannya takut mengambil resiko yang besar, orang ekstrovert justru akan lebih menyukai hal yang memiliki resiko besar. Tentunya terdapat pernyataan ilmiah yang menyokong pernyataan demikian, menurut penelitian orang ekstrovert yang sukses lebih tertantang dalam melakukan Tindakan yang beresiko hal tersebut karena otak mereka akan terstimulasi dopamine. Dopamin disini tentunya akan menimbulkan efek kesenangan hingga percaya diri pada seseorang.

Lebih Flexibel

Seorang ekstrovert akan bisa membuat dirinya mudah menyesuaikan diri di berbagai lingkungan. Selain pandai beradaptasi di berbagai lingkungan, mereka juga akan lebih inovatif dan pandai menghandel keadaan dalam menghadapi berbagai situasi. Tidak semua ekstrovert membutuhkan rencana yang bertele-tele dalam melakukan suatu Tindakan.Pemilik kepribadian ekstrovert tidak jarang akan memberikan keputusan yang spontan sewaktu-waktu.  

Suka Menjadi Pusat Perhatian

Seorang yang memiliki kepribadian ekstrovert akan menyukai atensi orang-orang Ketika ia menjadi pusat perhatian. Mereka mengembangkan dirinya ketika berinteraksi dan membentuk percakapan dengan orang-orang yang tentunya mereka membutuhkan rangsangan sosial. Atensi dan perhatian banyak orang tersebut bisa menjadi salah satu rangsangan sosial. Ekstrovert tidak akan merasa malu untuk memperkenalkan dirinya di hadapan orang baru dan tidak menghindar ketika ada di situasi yang sulit.

Tertarik Pada Pertanyaan dan Perbincangan

Ciri-ciri ekstrovert selanjutnya ialah ia tidak merasa keberatan untuk menceritakan kisah hidupnya kepada orang lain. Sekalipun orang itu orang baru, ekstrovert akan lebih terbuka dan menjadikan ceritanya menjadi sebuah diskusi. Selain itu juga seorang yang ekstrovert akan lebih terbukan dan lebih bebas dalam mengekspresikan apa yang dia ceritakan ataupun menjelaskan preferensi yang ia pilih. Menurutnya, sebuah percakapan akan membangun energi dalam dirinya.

Categories: Love Life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.