Cara Menghadapi Orangtuamu, Untuk Menjelaskan Mimpi Anda

Processed with VSCO with t1 preset

Seringkali kita dihadapkan oleh keputusan orangtua yang tidak sesuai dengan keinginan kita, terutama generasi milenial di situasi ini sepertinya akan menjadi serba salah, karena pastinya kita tidak ingin membangkang perintah orangtua, mungkin salah satunya tidak ingin membuat orangtua kita menjadi kecewa. Pada akhirnya generasi milenial ini harus mengorbankan  Passion-nya dan harus menguburkan mimpinya serta potensinya secara mendalam.

Jadi dalam situasi tersebut, salah satu hal yang anda harus lakukan adalah dengan menjelaskan apa keinginan anda, apa mimpi yang ingin anda capai, apa tujuan-tujuan dalam hidup anda, dan bagaimana cara untuk menjalankan. Jelaskan kepada orangtuamu agar mereka paham apa yang anda inginkan.

Lalu bagaimana cara membuat orangtuamu bangga dengan potensi serta kemampuan yang anda miliki ?

Yang Pertama, Anda Harus Sudah Mengetahui Apa Potensi Yang Anda Miliki

Apa yang anda inginkan, apa keinginan terdalam anda yang rela untuk mengorbankan segalanya. Apa impian terbesar anda, apa hal yang terbaik dalam diri anda yang ingin diasah atau ditingkatkan. Usahakan anda harus bisa menjawabnya dan mengetahuinya. Agar ketika anda menyampaikan kepada orangtua anda, setidaknya memiliki alasan yang masuk akal untuk diterima oleh mereka, dan memberikan penjelasannya nantinya mereka pun bisa membantu anda.

Yang Kedua, Temukan role model anda suka pada bidang tersebut

Dengan menemukan role model akan jauh lebih mudah untuk menjelaskan keinginan anda, serta memberikan contoh agar lebih mudah dipahami, misal anda ingin menjadi seorang musisi, tunjukan siapa role model anda, dan dijelaskan bagaimana dia memulai, merintis karir, dan hal apa saja yang bisa anda pelajari dari role model anda, semakin spesifik penjelasannya maka orangtua anda akan mendukung rencana atau tujuan yang ingin dilakukan. Jangan lupa juga jelaskan secara asyik, tunjukan antusias anda, sampai orangtua anda tertarik dan siap mendukung mimpi besar anda.

Yang Ketiga, Berikan Alternatif bila seandainya akan ada kegagalan

Plan A – Plan B decision

Ini sebagai langkah antisipasi yang sebenarnya hanya untuk dibicarakan saja dengan orangtua anda, dengan tujuan untuk meyakinkan mereka, bila ada sebuah pertanyaan, bagaimana jika anda gagal atau tidak berhasil merealisasikan mimpi anda, anda harus siap menjelaskan plan B sebagai alternatif jika plan A tidak terlaksana. Tetapi yang terpenting anda harus bisa menjelaskan berdasarkan potensi yang anda miliki, jadi fokus terlebih dahulu terhadap rencana utama. Yakinkan sekali lagi orangtua nada dengan potensi yang anda miliki.

Yang Keempat, Sampaikan di Waktu yang tepat

Berbicara dari hati ke hati. Jelaskan bahwa dunia sudah berkembang dan mengalami perubahan zaman, sehingga kita harus beradaptasi dengan berbagai situasi, lalu jelaskan kembali bagaimana anda merencanakan tujuan-tujuan hidup yang ingin dicapai, serta beri contoh atau gambarkan untuk penerapan-nya seperti apa, langkah-langkah yang anda akan lakukan, serta yakinkan kembali kepada orangtua anda dengan potensi yang anda miliki. Usahakan jangan hanya satu kali menjelaskan, berikan setiap progresnya dan apa saja yang sudah anda lakukan.

            Jadi pahami keempat hal tersebut, yang terpenting anda harus percaya dengan potensi anda dan mimpi besar anda, pastinya akan banyak sekali tantangan yang akan anda hadapi, yang terpenting buktikan kalau anda bisa, dan manfaatkan kepercayaan dari orangtua anda dengan jawaban yang bisa membuat bangga mereka. Jadi sudah siap untuk menjelaskan mimpi besar anda ? tidak perlu buru-buru, jika anda sudah siap tentukan waktu yang tepat, dan cara yang tepat. Selamat Mencoba.

Categories: Figure, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.