Menjaga Kulit Tetap Lembab Saat Bulan Ramadhan

Kurangnya asupan makanan dan minuman saat bulan puasa seringkali membuat kulit kita kering dan dehidrasi. Utamanya di area wajah yang terlihat lebih pucat dan lesu karena kekurangan cairan. Namun, hal itu bukan penghalang bagi kita untuk tetap tampil fresh dan glow up saat melakukan ibadah puasa. Beberapa cara berikut ini dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan kulit di bulan Ramadhan:

Stop Makan Gorengan dan Perbanyak Makan Buah

Seringkali, gorengan menjadi pilihan favorite untuk menjadi santapan pembuka kita di bulan Ramadhan. Tapi anda harus berhati-hati dengan gorengan, karena dapat menyebabkan penuaan pada kulit. Hal ini disebabkan oleh gorengan yang di proses pada suhu yang tinggi dan mengakibatkan rusaknya kolagen dan elastin yang merusak sel tubuh. Maka dari itu, baiknya saat bulan Ramadhan anda tetap rutin dalam mengonsumsi buah-buahan dan makanan berserat lainnya.

Gunakan Pelembab dan Tabir Surya

Cara ini mungkin terdengar simple, namun sangat penting untuk dilakukan. Masih banyak yang menganggap penggunaan pelembab dan tabir surya hanya di aplikasikan jika akan keluar rumah saja. Namun nyatanya, penggunaan kedua produk ini pun sangat penting dilakukan pada saat di dalam rumah. Pemakaian pelembab dan tabir surya berfungsi untuk mencegah munculnya kanker kulit dan penuaan dini pada wajah.

Rutin Menggunakan Masker Wajah

Agar kulit menjadi lembab dan terhidrasi dengan baik, penggunaan masker wajah bisa menjadi pilihan. Penggunaan masker dapat dilakukan satu sampai dua kali dalam seminggu. Masker berfungsi untuk membuat wajah menjadi lebih cerah, halus dan merangsang sirkulasi darah di wajah.

Kurangi Mengonsumsi Kafein

Untuk menjaga kestabilan pH (potential hydrogen) kulit, kurangi mengonsumsi kafein saat bulan Ramadhan. Hal tersebut diakibatkan karena kafein mengandung zat yang menyerap cairan mineral dalam tubuh yang tentunya berakibat negatif pada tubuh. Khususnya pada bulan puasa, tubuh kita seringkali kekurangan cairan tubuh karena adanya perubahan pola makan dari yang biasanya.

Pola Tidur Yang Teratur

Berikan tubuh anda ruang untuk istirahat dengan cukup. Meskipun anda harus melaksanakan sahur dini hari dan shalat Tarawih di malam hari, pola tidur anda harus tetap terjaga. Hal ini dapat di minimalisasi dengan hal kecil seperti tidak bermain handphone terlalu lama pada saat akan tidur karena itu dapat membuat jam tidur anda menjadi terganggu.

Categories: Beauty, Health, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.