5 Metode Belajar Untuk Lebih Cepat Memahami Pelajaran

Setiap orang mempunyai cara belajar tersendiri, terutama belajar secara efektif ataupun dirasa nyaman, beberapa orang pastinya mempunyai formula tersendiri untuk memahami setiap pelajaran yang ia pelajari. Jika anda masih bingung, metode apa yang cocok untuk anda, dalam mempelajari sesuatu dan berikut terdapat metode belajar yang bisa anda langsung terapkan, sambil mencari cara belajar yang tepat untuk anda. Apa saja ? ini dia pembahasannya.

1. Metode Mind Mapping

Metode Mind Mapping adalah metode pembelajaran melalui peta pemikiran. Kurang lebih hampir sama dengan peta konsep namun lebih kompleks, dimana isinya mencangkup poin-poin penting atau keterkaitan hal yang satu dengan lainnya. Walaupun hanya dituliskan poin nya saja, mind mapping dapat membentuk konsep pemikiran yang lebih efektik dan terstruktur, dan topik pembahasannya akan jauh lebih mendalam untuk lebih mudah dipahami.

2. Metode Cornell

Metode Cornell adalah sebuah metode belajar yang menuliskan materi kedalam 3 bagian, atau dengan membagi poin pembahasan kedalam 3 bagian. Bagian pertama adalah kata kunci. Kata kunci ini berperan untuk memudahkan kita dalam memulai pembelajaran. Bagian yang kedua adalah intisari dari materi. Pada bagian ini materi hanya dituliskan poin-poin pentingnya. Lalu di bagian ketiga, terdapat kesimpulan untuk memahami kesimpulan dari materi yang kita pelajari. Kurang lebih hampir sama dengan Teknik Presentasi, yang membagi menjadi 3 bagian yaitu opening, Content, dan Closing. Jadi disini anda fokus terhadap poin pentingnya.

3. Studyblr

Anda suka menggambar tapi susah untuk memahami materi yang bertipe narasi ? Studyblr sangat cocok untuk anda. Ini merupakan paduan dari Study dan Tumblr. Sangat cocok untuk anda yang menyukai gambar, desain yang unik-unik. Anda bebas untuk berkreasi sesuai dengan kreatifitas anda. Jadi cukup tuliskan poin-poin yang penting pada materi yang anda pelajari, lalu berikan gambar yang bisa mendeskripsikannya.

4. Flash Cards

Flash Cards ini berisi kumpulan potongan kartu-kartu yang dijadikan satu. Setiap potongan-potongan kartu memiliki poin pembahasan yang berbeda-beda. Cukup mirip dengan rangkuman, namun Flash Cards ini mudah dibawa ke mana-kemana dan jauh lebih praktis, jadi anda tidak perlu bawa banyak buku, dan pastinya kita bisa belajar dimana saja, flash cards pun akan cocok untuk anda yang ingin menuliskan disaat baru terpikirkan.

5. Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro ini melakukan kegiatan belajar atau bekerja selama 25 menit. Setelah 25 menit, gunakan waktu 5 menit untuk istirahat. Setelah istirahat, lanjutkan lagi belajar selama 25 menit dan terus berulang. Setelah 4 kali belajar, maka anda harus beristirahat selama 30 menit. Dengan cara ini anda bisa memanajemen waktu belajar sendiri, Ini cukup efektif dalam memahami pelajaran agar pikiran kita mampu bekerja secara optimal, usahakan lakukan secara konsisten, dan tidak perlu dipaksakan juga, beri jeda istirahat sampai pikiran kita fresh kembali. Pastinya setiap orang mempunyai cara atau metode belajar, andapun bisa memadukan berbagai metode belajar, agar bisa jauh lebih maksimal, jadi apa yang sedang anda pelajari hari Ini ? Yuk terus asah kemampuan anda. Sampai anda bisa menjadi yang terbaik dalam bidang yang anda jalani. Selamat Mencoba.

Categories: Uncategorized, Work

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.