Tips Untuk Anda Yang Ingin Jadi Content Creator

Tanpa Terasa anak-anak muda Indonesia menghabiskan waktu berjam-jam di media sosial, namun kebanyakan anak muda hanya menghabiskan waktu saja. Faktanya media sosial saat ini mempunyai peran besar untuk aktivitas bisnis, terutama dalam meningkatkan profit juga mengenalkan produknya lebih luas. Dengan berbagai fitur yang lebih memudahkan para penggunanya dalam memasarkan produk seperti barang ataupun jasa yang pastinya masing-masing produk mempunyai ciri khas dan keunikannya masing-masing.

Membahas Topik Yang Anda Suka 

Bukan hanya produk berupa barang dan jasa, salah satunya yang banyak diminati oleh anak-anak muda yaitu sebagai Content Creator, salah satunya mereka membahas berbagai Tips & Trick dengan berbagai profesi atau Passion yang sedang ditekuni. Tak hanya itu bahkan hobi seperti bermain game, olahraga, dan musik bisa dijadikan sebagai Konten yang bisa di share melalui media sosial.

Tertarik menjadi seorang content creator ? Mulai dulu aja, bisa mulai dengan topik apa yang anda suka, dan bagi orang yang masih grogi ngomong didepan kamera, jangan Khawatir saat ini sebuah konten bukan hanya berbentuk video, anda bisa membuat infografik atau microblog dengan membahas topik anda suka.

Menentukan Niche

Selain membahas topik yang kita suka, seorang content creator harus dapat menentukan “Niche” atau secara pengertiannya ingin dikenal sebagai apa, misal seseorang yang sering memberikan Qoute atau kata-kata motivasi melalui media sosialnya maka orang tersebut ingin dikenal sebagai Motivator. Begitupun juga seseorang yang suka memasak dan membagikan resepnya melalui media sosial akan dikenal sebagai seorang Chef. jadi Niche ini akan menentukan konten yang akan dibuat, terutama segmentasi yang dituju.

Peralatan Yang Digunakan (Tidak Perlu Mahal)

Setelah berhasil menentukan “Niche” tugas selanjutnya tentu membuat Konten, dan salah satu kendala yang sering dihadapi untuk memulai sebagai content creator adalah alat yang digunakan, karena dirasa kurang memadai seringkali menjadi penghalang sampai akhirnya tidak jadi berkarya. Padahal kita bisa memulai dengan cukup bermodal handphone, kamu bisa langsung record untuk membuat video atau membuat tulisan seperti microblog dan infografis dengan berbagai aplikasi di handphone. Jadi tidak alasan lagi untuk tidak berkarya. Ingat, semua hanya alat, yang terpenting adalah ide dan kemasan, yang paling penting lagi yaitu memulainya.

Mengembangkan Ide Untuk Konten Anda

See the source image

        

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah ide, lebih baik berfokus pada satu topik setelahnya bisa kita kembangkan, lalu bagaimana cara mengembangkannya ? anda bisa melakukan Teknik 5W + 1H, teknik yang sering digunakan oleh seorang jurnalis, bisa digunakan juga dengan mudah untuk membuat konten, bahkan dengan 1 topik anda bisa membuat 6 konten sekaligus dengan What, Where, When, why, Who, & How.

Misal, Topik yang kita bahas adalah Aneka macam Donat Di Bandung. What : anda bisa menjelaskan sejarah tentang donat, Hal yang unik dari donat atau fakta menarik tentang donat. Where : anda bisa merekomendasikan tempat donat favorit yang ada dibandung. When: kapan waktu terbaik untuk memakan donat, atau barangkali ada informasi launching tempat donat terbaru. Why : anda bisa memberikan alasan kenapa donat itu enak, dan kenapa orang-orang harus mencoba rasa donat tersebut. Who: anda bisa bercerita siapa orang yang  pertama kali menciptakan donat. Dan pastinya bisa mewawancarai pemilik donat. How: anda bisa menjelaskan bagaimana proses pembuatannya, apakah dengan cara tradisional atau menggunakan alat canggih.

Berikut yang bisa anda lakukan untuk memulai sebagai content creator, jadi manfaatkan media sosial karena nantinya akan banyak manfaat yang akan dirasakan, tetapi yang terpenting dan paling utama adalah “Konsisten”. Jadi sangat disayangkan jika tidak memulai dahulu, ataupun berhenti ditengah jalan. Karena pastinya akan banyak sekali berbagai kesempatan seperti mendapat endorsement, diundang menjadi pembicara, dan berbagai kesempatan lainnya. Selamat mencoba. Tetap berkarya dan Produktif di tengah pandemi.

Categories: Hobby, Uncategorized, Work

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.