Kesiangan Saat Sahur? Ini Dia Tips Kuat Puasa Tanpa Sahur

Aktivitas sahur memang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW ketika akan menunaikan ibadah puasa karena dalam momen sahur terdapat berkah. Namun tak dapat dipungkiri juga pada saat bulan Ramadhan tiba, tentunya kita butuh waktu untuk menyesuaikan jam tidur kita yang sedikit berkurang. Maka dari itu tak jarang dari kita mengalami telat sahur sehingga tidak sempat makan ataupun hanya sekedar minum untuk penopang energi saat akan melakukan puasa. Jika anda harus terpaksa tidak sahur karena telat, anda bisa melakukan hal-hal dibawah ini agar anda tetap kuat menjalani puasa hingga waktu berbuka nanti.

Mandi Air Dingin

Puasa tanpa dibarengi aktivitas sahur memang tetap sah, namun ada beberapa hal yang menjadi resiko yang akan dialami tubuh anda, seperti tubuh menjadi lemas. Namun anda bisa meminimalisasi rasa lemas dan ngantuk itu dengan mandi dengan air dingin, disarankan dilakukan pada pagi hari agar anda menjadi semangat dalam menjalankan aktivitas. Menurut penilitian, mandi dengan air dingin akan meningkatkan metabolisme tubuh dan melancarkan peredaran darah.

Hindari Terik Matahari

Salah satu tips agar anda dapat kuat puasa tanpa sahur adalah menghindari tempat panas. Karena tempat panas dapat dengan cepat membuat tubuh kehilangan cairan. Sementara hal itu berakibat anda mengalami dehidrasi, sedangkan tubuh anda sama sekali tidak masuk cairan sama sekali. Tentunya tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membuat tubuh anda menjadi lemas, bibir pecah-pecah, hingga kulit pun menjadi kering.

Lakukan Kegiatan Positif

Agar rasa lapar dan haus anda teralihkan, lakukanlah kegiatan positif sebagai pengalihannya. Anda dapat memperbanyak ibadah dapat membuat anda lebih fokus selain itu anda juga mendapatkan berkah dan pahala sambil menunggu waktu berbuka. Selain melakukan ibadah, anda juga bisa mengisi waktu luang dengan melakukan kegiatan yang anda sukai namun tidak terlalu menguras tenaga seperti menonton film, membaca dan atau bahkan memasak untuk berbuka puasa.

Optimalkan Tubuh, Jangan Terlalu Lelah!

Anda harus meminimalisasi kegiatan berat agar energi anda tetap terjaga dengan baik dan puasa anda tetap optimal. Hindari olahraga ekstrem yang membutuhkan kekuatan fisik terlalu banyak karena akan menguras energi anda, terlebih jika anda tidak sahur metobolisme tubuh anda justru sedang turun. Sehingga anda jangan memaksakan untuk melakukan olahraga berat, karena nanti akan berakibat dehidrasi bahkan memicu munculnya penyakit.

Categories: Health, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.