Memanjakan Lidah Dengan Jajanan Khas Cirebon Untuk Berbuka Puasa

Ada banyak jajanan yang diburu untuk berbuka puasa, jika di Bandung kebanyakan jajanan berbahan dasar aci seperti cireng, cimol dan cilor saatnya kita berpindah kota ke kota udang yaitu kota Cirebon. Selain terkenal dengan masakan empal gentong yang memanjakan lidah, ada juga jajanan-jajanan ringan yang dapat anda santap untuk makanan pembuka saat berbuka puasa. Tak hanya ada di Cirebon, jajanan ini juga sangat familiar sehingga mudah anda temukan di berbagai kota. Berikut merupakan referensi makanan khas Cirebon yang bisa anda santap sebagai makanan pembuka ketika berbuka puasa:

Growolan

Growolan merupakan jajanan khas kota Cirebon yang bercita rasa manis dan berwarna cokelat. Bahan dasar pembuatan makanan ini adalah gaplek dan dicampur oleh parutan kelapa. Makanan tradisional ini sudah ada sejak dulu dan masih eksis hingga sekarang. Lalu kemudian dibentuk menjadi bola-bola yang menjadi makanan favorit masyarakat Cirebon.

Tahu Gejrot

Tentunya olahan tahu yang satu ini sudah tidak asing di telinga anda. Bagaimana tidak, jajanan khas Cirebon ini ada tak hanya di daerah Cirebon saja tapi juga tersebar di berbagai daerah. Sesuai dengan namanya, tahu gejrot merupakan olahan tahu yang di goreng yang diberi bumbu kecap manis dan gula aren. Untuk menambah cita rasa olahan tahu gejrot ini dicampur dengan bawang merah, cabai dan bawang putih. 

Rarawuan

Jajanan ini mirip dengan olahan cireng, namun yang membedakannya adalah jika cireng merupakan aci yang hanya di goreng. Sedangkan rarawuan ini merupakan aci ditambah parutan kelapa dan kacang gendolo di dalamnya. Tekstur dari rarawuan ini sangat renyah dan bisa anda tambahkan saus untuk menambah citarasa rarawuan, namun tanpa saus pun rarawuan ini sudah enak disantap.

Ondal Andil

Ondal andil merupakan makanan tempo dulu yang jika di Bandung memiliki nama lain cenil. Makanan ini memiliki cita rasa manis, berbahan dasar tepung tapioka lalu dibaluri oleh parutan kelapa dan ditaburi gula pasir. Tentunya makanan ini cocok untuk anda santap saat berbuka puasa, namun dalam porsi yang secukupnya karena makanan ini cukup mengenyangkan.

Kue Gonjing/Bandros

Anda bisa menemukan makanan ini dimanapun, karena meskipun jajanan ini merupakan jajanan khas Cirebon namun rasanya yang gurih mudah diterima oleh semua lidah karena itu makanan tersebut tersebar di berbagai daerah. Bahan dasar pembuatan kue gonjing adalah tepung beras, parutan kelapa dan untuk topingnya anda bisa memilih polos (asin) dan manis (ditambah gula pasir). Anda juga dapat dengan mudah mendapatkannya dengan harga yang relatif terjangkau.

Categories: Culinary, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.