Earth Day: Saatnya Beralih Ke Sustainable Beauty Untuk Menjaga Bumi

Sebagian orang di dunia ini mungkin telah mengetahui bahkan telah menerapkan skincare di kehidupan sehari-harinya. Semakin banyak orang yang menyadari bahwa kesehatan wajah lebih diutamakan sebelum akhirnya terjun ke dunia make up. Maka dari itu semakin banyak juga kemasan skincare yang terbuang dan alhasil menumpuk.

Sustainable beauty menjadi kata yang banyak dicari oleh orang, ini merupakan gerakan tentang memilih belanjaan kita agar kita beralih ke produk yang lebih ramah lingkungan, meminimalisasi limbah untuk rutinitas kecantikan kita. Kini produk kecantikan tak hanya sekedar menjanjikan kelembaban kulit anda saja, tapi juga memiliki label cruelty free, vegan dan sustainable. Berikut merupakan Langkah kecil untuk beralih ke sustainable product dengan langkah besar agar bumi terjaga.

Menggunakan Kapas Yang Reusable

Untuk menjaga bumi agar lebih baik, anda bisa memulai hal kecil seperti berhenti menggunakan kapas yang sekali pakai dan mulai menggunakan kain/bantalan yang bisa digunakan kembali untuk menghapus make up. Hal itu akan membuat produksi sampah kapas menjadi berkurang dan pemilihan kain yang reusable dapat menjadi alternatif penggunaan kosmetik yang ramah lingkungan.

Membeli Produk Eco-Friendly

Dalam berbelanja, anda bisa membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi sampah platik yang telah meresahkan. Selain itu juga, anda bisa memilih produk kecantikan yang sustainable products dengan kemasan yang ramah lingkungan. Ciri kemasan yang ramah lingkungan adalah dapat di daur ulang, minim jejak karbon dan dapat di komposkan.

Vegan dan Cruelty Free

Kosmetik yang ramah lingkungan juga ditandai dengan bahan yang vegan dan cruelty free, yang dimana vegan berarti produk tersebut tidak mengandung bahan hewani baik itu bahan yang dihasilkan maupun yang terkandung oleh hewan. Sedangkan sebuah produk dapat dikatakan cruelty free ketika sepanjang proses produksinya tidak melakukan uji coba terhadap hewan sama sekali. Baik itu final product nya atau pun bahan yang terkandung.

Meminimalisasi Waktu Make up

Anda bisa mempersingkat waktu make up anda dengan menggunakan product yang multi-tasking. Dimana hal itu juga dapat bermanfaat agar kita tidak boros dalam menggunakan kosmetik. Misalnya kamu menggunakan lip-cheek yang tak hanya berfungsi memerahkan bibir tapi juga bisa digunakan untuk blush on pipi, atau pun menggunakan multi-purpose balm sebagai lip balm namun juga bisa digunakan untuk krim tangan.

Mendaur Ulang Wadah

Tahapan yang bisa anda ikuti untuk melakukan sustainable products adalah mendaur ulang produk kecantikan yang berasal dari kaca atau plastik. Pastikan wadah tersebut sudah bersih dan kosong, setelah itu anda bisa membuka tutup kemasannya. Di satu sisi anda bisa memperbaiki wadah produk perawatan kulit dan di sisi lain juga anda dapat membuatnya menjadi tempat kuas make up ataupun pot bunga menggunakan kerajinan tangan sendiri (DIY).

Categories: Beauty, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.